Peristiwa

Hari Pahlawan, Ini Pesan Ketua DPRD Surabaya

Surabaya (beritajatim.com) – Ketua DPRD Kota Surabaya Adi Sutarwijono mengatakan, Hari Pahlawan mengingatkan peristiwa heroik arek-arek Suroboyo dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Arek-arek Suroboyo berasal dari berbagai suku, golongan dan lapisan menjadi satu dalam perjuangan, dengan prinsip: merdeka atau mati!

“Hari ini kita mengenang pertempuran Surabaya 10 Nopember 1945, yang tercatat sebagai pertempuran sangat berani. Hari ini kita mengenang jasa para pahlawan yang telah mendarmabaktikan hidupnya bagi kemerdekaan Indonesia,” kata Adi Sutarwijono, usai Upacara di Balai Kota Surabaya, Minggu (10/11/2019).

Ia melanjutkan, generasi sekarang mewarisi kemerdekaan itu. “Kita warisi spirit kebangsaan dengan menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia, dalam ideologi Pancasila, dalam semangat kebhinekaan,” kata Adi.

Dilanjutkan, Kota Surabaya saat ini sudah berkembang semakin maju. Pembangunan tidak pernah henti dari tahun ke tahun. “Kita jaga Surabaya sebagai “rumah bersama” yang aman dan damai,” kata Adi.

Upacara Hari Pahlawan di Balai Kota Surabaya diwarnai drama kolosal pertempuran 10 Nopember. Drama diisi pakaian adat dari berbagai wilayah, yang mencerminkan kebhinekaan Indonesia.

Sementara itu, dalam amanatnya, Wali Kota Risma membacakan pidato Menteri Sosial. Ia menyampaikan bahwa setiap Hari Pahlawan, warga Indonesia diingatkan kembali kepada peristiwa pertempuran 10 November 1945 di Surabaya, sebagai salah satu momen paling bersejarah dalam merebut kemerdekaan Indonesia.

“Peristiwa Perang mengingatkan kita bahwa kemerdekaan yang kita rasakan saat ini tidaklah datang begitu saja, namun memerlukan perjuangan dan pengorbanan yang luar biasa dari para pendahulu negeri,” kata dia membacakan amanat dari Menteri Sosial.

Karena itu, ia berpesan bahwa semangat yang ditunjukkan para pahlawan dan pejuang tersebut, hendaknya perlu terus ditumbuhkembangkan di dalam hati sanubari segenap insan Warga Negara Indonesia. Melalui momentum ini, diharapkan masyarakat lebih menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan.

“Sebagaimana ungkapan salah seorang The Founding Fathers kita Bung Karno yang menyatakan bahwa hanya bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya dapat menjadi bangsa yang besar,” katanya.

Selain itu, momen Peringatan Hari Pahlawan ini diharapkan dapat membangkitkan semangat berinovasi bagi anak-anak bangsa untuk menjadi pahlawan masa kini, sebagaimana tema peringatan hari pahlawan masa kini.

Hadir dalam upacara Hari Pahlawan, Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) Surabaya, jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Surabaya, veteran, dan pekerja sosial masyarakat. Hadir juga sebagai peserta upacara ribuan pelajar SD dan SMP dari berbagai sekolah di Surabaya. [ifw/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar