Peristiwa

H-5 Lebaran, Terminal Bayuangga Probolinggo Masih Sepi Pemudik

Probolinggo – Lonjakan penumpang bus di terminal Bayuangga, JL Raya Bromo, Kota Probolinggo, sampai H-5 jelang lebaran 1440 H, belum signifikan alias masih sepi.

Data terekap pada pos pantau terminal setempat menyebutkan, dibanding hari biasa, kenaikan jumlah penumpang sejak H-7 kemarin, masih berkutat diangka 3% sampai 5% saja. “Nggak jauh-jauh dari angka itu. Namun kami pastikan jumlah penumpang akan terus meningkat hingga H-1 lebaran,” ujar Saddam, pegawai Dishub, Kota Probolinggo, yang bertugas di pos pemberangkatan bus terminal setempa.

Saddam, merinci, pada Jumat (31/5/2019) atau H-5 lebaran hingga pukul 12:00 WIB, jumlah kedatangan bus antar kota dalam propinsi (AKDP) mencapai 211 unit dengan 505 penumpang. Sedangkan bus berangkat mencapai 242 armada dengan 1556 penumpang. “Kebanyakan penumpang berangkat tujuan Jember, Situbondo, dan Banyuwangi,” terangnya.

Sementara untuk bus Antar Kota dan Propinsi (AKP), jumlah kedatangan hanya dua bus dengan dua penumpang. Keberangkatan enam bus dengan 31 orang penumpang. “Mereka tujuan Bali, dan Cirebon,” tutup Saddam.

Terpisah, Anggota Satlantas Polres Probolinggo Kota, Aiptu Suyanto, menyatakan, banyak penumpang bus asal Banyuwangi dan Bali, tujuan Jember, tidak turun di terminal. Mereka memilih turun di sekitar pertigaan Desa Jorongan. “Situasi masih landai meski penumpang dari timur, tujuan Jember, banyak yang tidak masuk terminal,” katanya melalui aplikasi whatsaap.

Dilain pihak, penumpang bus mengaku masih nyaman selama perjalanan. Selain kondisi penumpang bus belum berdesakan, jalanan dari daerah asal hingga ke Probolinggo atau sebaliknya juga masih lancar. “Saya dari Jombang hendak ke Jember. Enak mas. Masih bisa duduk dikursi selama perjalanan mudik,” ujar Nanang Gozali, diamini Titik Purwati, istrinya. (eko/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar