Peristiwa

Gempa 5.6 SR di Laut Tuban, Warga Tuban Justru Tak Rasakan Getaran

Titik Gempa di laut utara Kabupaten Tuban dengan kekuatan 5.6 SR, tidak berpotensi tsunami.

Tuban (beritajatim.com) – Gempa dengan kekuatan yang cukup besar yakni 5.6 Skala Richter (SR) terjadi Barat Laut wilayah Laut Kabupaten Tuban, sekitar pukul 14.06 Wib, Kamis (19/9/2019).

Meski gempa dengan kekuatan yang cukup besar, dampaknya tidak terasa oleh warga masyarakat yang ada di wilayah pesisir Kabupaten Tuban khususnya yang ada di wilayah Kota Tuban. Aktivitas warga di Tuban Bumi Wali itu tetap normal tidak terganggu sama sekali.

Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa itu terjadi pada pukul 14:06:31 Wib. Titik gempa berada di 58 kilometer Barat Laut Kabupaten Tuban dengan kedalaman 656 kilometer.

Meski berkekuatan yang cukup tinggi, gempa di laut utara Jawa itu tidak menimbulkan adanya potensi terjadi potensi tsunami. Sehingga diharapkan warga masyarakat Tuban untuk tetap tenang dan tidak panik.

“Gempa ini tidak berpotensi terjadinya tsunami,” ungkap Desindra Deddy Kurniawan,Kepala BMKG Kabupaten Tuban.

Sementara itu, sejumlah warga masyarakat yang ada di pesisir Tuban itu mengaku tidak merasakan adanya getaran jika terjadi gempa. Bahkan mereka baru tahu adanya terjadinya gempa tersebut setelah mendapatkan kabar dari media sosial dan juga dari informasi BMKG.

“Tidak merasakan apapun. Tidak tahu malahan kalau ada gempa. Tahunya setelah ada informasi dari BMKG,” ungkap Adam (33), salah satu warga yang berada di jalan Pramuka, Kota Tuban.

Hal serupa juga diungkapkan, Zairoh (30), warga Kelurahan Mondokan, Kota Tuban, meski jaraknya dengan laut dekat warga tidak ada yang merasakan getaran gempa tersebut. Bahkan warga juga tetap melaksanakan kegiatan seperti biasa.

“Tahu-tahu ya banyak informasi dari media sosial. Padahal di sini tidak merasakan getaran apapun,” ungkap ibu-ibu itu. [mut/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar