Peristiwa

Gempa 4.3 SR Guncang Kabupaten Malang

Malang (beritajatim.com) – Gempabumi berkekuatan Magnitudo 4.3 SR mengguncang Kabupaten Malang, Sabtu (24/8/2019) malam. Meski tergolong kecil, guncangan gerak tanah terasa cukup kuat dari Desa Gedangan, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang. Guncangan itu kurang dari lima detik.

Kepala Stasiun Geofisika Karangkates Malang, Musripan mengatakan, gempa ini tergolong kecil dan tidak berdampak. “Gempanya tergolong kecil. Tidak berdampak,” ungkap Musripan, kepada beritajatim.com.

Menurutnya, hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini berkekuatan M=4.3. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 8.83 LS dan 112.49 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 77 km arah BaratDaya Kabupaten Malang, Propinsi Jawa Timur pada kedalaman 10 km.

“Memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan akibat aktivitas subduksi lempeng IndoAustralia dan Eurasia,” terang Musripan.

Guncangan gempabumi ini dilaporkan telah dirasakan di daerah Kepanjen, Malang, Blitar, Karangkates, Trenggalek, Tulungagung dalam skala intensitas II-III MMI. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan.

“Hingga pukul 20.20 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock). Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” tegas Musripan. [yog/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar