Peristiwa

Gali Tanah untuk Pondasi Rumah, Warga Temukan 13 Mortir

Tuban (beritajatim.com) РSejumlah warga yang tinggal di Desa Banyuurip, Kecamatan Senori, Kabupaten Tuban, dihebohkan penemuan mortir yang sebelumnya terkubur  dalam tanah.

Belasan mortir tersebut ditemukan di lahan milik Sugit yang sedang digali dan akan dirikan rumah. Kini mortir tersebut sudah dievakuasi oleh tim Gegana Polda Jatim, Rabu (13/3/2019).

Informasi yang dihimpun beritajatim.com, sebanyak 13 mortir tersebut pertama kali ditemukan oleh pemilik lahan. Saat itu Sugit menggali dan meratakan tanahnya untuk tempat mendirikan rumah.

“Kita yang mendapatkan laporan itu langsung mendatangi lokasi. Kemudian mengamankan lokasi kejadian perkara,” terang Kapolsek Senori AKP Musa Bakhtiar.

Sebagai upaya penanganan terhadap benda berbahaya yang bisa meledak itu, Polres Tuban langsung menghubungi dan meminta bantuan tim Gegana Polda Jatim. Selain itu, petugas juga meminta warga masyarakat untuk tidak mendekati lokasi.

“Kita mengamankan TKP tersebut. Dan saat ini mortir sudah diamankan tim Gegana Sat Brimob Polda Jatim,” tambah Kapolsek yang belum lama menjabat ini.

Selain melakukan evakuasi terhadap 13 mortir, tim Gegana juga menyisir sekitar lokasi tersebut. Penyisiran dilakukan untuk mencari apakah masih ada mortir lainnya atau tidak.

“Sudah dilakukan pemeriksaan disekitar lokasi dan hasilnya tidak ditemukan yang lainnya. Mungkin, jika ditempat lain ada warga yang menemukan barang seperti itu, kita minta untuk lapor,” tegasnya.

Sementara itu, setelah berhasil dievakuasi belasan mortir yang diduga peninggalan zaman perang itu langsung diamankan oleh tim Gegana Polda Jatim. Dari 13 mortirtersebut masing-masing dengan jenis 80 sebanyak tiga buah dan jenis 5 sebanyak 10 buah. [mut/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar