Peristiwa

Dunia Penerbangan Malaysia Apresiasi Presiden Jokowi

Surabaya (beritajatim.com) – Dunia penerbangan Malaysia memberikan apresiasi yang luar biasa kepada pemerintahan Presiden Jokowi. Salah satu bentuk nyata apresiasinya adalah dengan menggagas kerjasama antara pihak Malaysia dengan Indonesia.

Melalui JIT Training and Resources, Malaysia menggagas kerja sama kedua belah pihak dalam sektor pelatihan SDM di dunia penerbangan. Kerja sama itu dilakukan dengan Kementerian Perhubungan.

Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan Udara (PPSDM PU) Kementerian Perhubungan Heri Sudarmaji mengungkapkan bahwa saat ini tahapan kerja sama yang dilakukan sudah sangat jauh. “Kita tengah menunggu persetujuan dari European Aviation Safety Audit (EASA). Karena nantinya lulusan Poltekbang yang memang berada di bawah Kemenhub bakal memiliki sertifikasi yang diterima oleh Eropa,” ujar Heri, dalam acara ‘Signing MoA and Discussion of Concrete Progress for the next step’, Kamis (16/1/2020).

“Kerja sama dengan Malaysia ini nantinya akan menjadikan lulusan-lulusan Poltekbang menjadi lulusan berstandard global. Dengan begitu, lulusan kita bisa bekerja di belahan dunia manapun,” tambah Heri lebih lanjut.

Senada, Direktur Politeknik Penerbangan (Poltekbang) Surabaya Achmad Setiyo Prabowo mengungkapkan jika kelak lulusan Poltekbang bakal punya dua sertifikat. “Salah satunya yang berstandard Eropa itu tadi,” ujarnya. “Target kita tahun ini (2020) approval turun. Lalu pada tahun 2021 sudah mulai bisa diaplikasikan,” lanjut Setiyo.

Pada kesempatan yang sama perwakilan dari JIT Training and Resources, Mr Joel, mengungkapkan jika kerja sama yang digagas ini salah satunya dikarenakan apresiasi pihak mereka kepada Presiden Jokowi. “Beliau sangat luar biasa,” katanya.

“Selain itu, kalau terkait pendidikan dunia penerbangan, Malaysia punya banyak keterbatasan. Sehingga kami melihat Indonesia yang punya banyak keunggulan, jauh lebih banyak dari kami, layak untuk bekerjasama dalam mewujudkan SDM di Dunia Penerbangan Asia Tenggara yang lebih mendunia,” pungkas Mr Joel. [ifw/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar