Peristiwa

Dua Hari Lagi Nikahkan Anak, Rumah Ludes Terbakar

Bojonegoro (beritajatim.com) – Duka sangat mendalam dialami Surip (55) seorang petani warga Dusun Sanggar RT 28 RW 8 Desa Sidomulyo, Kecamatan Kedungadem, Kabupaten Bojonegoro. Rumah beserta isinya ludes terbakar, sementara dua hari lagi dia akan mengadakan pernikahan anaknya.

Selain Surip duka juga dialami tiga orang tetangganya yang lain. Adalah Zaeni (33), Sirno (41) dan Joko Sunti (45). Keempat rumah warga tersebut ludes akibat dilahap si jago merah. Api diduga berasal dari percikan jaringan listrik rumah yang mengalami korsleting sekitar pukul 08.55 WIB.

“Korsleting listrik terjadi dari rumah Sirno merambat ke rumah Zaeni. Kemudian merambat dua rumah lagi,” ujar Kepala Bidang Pemadaman, Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bojonegoro, Sukirno, Sabtu (8/6/2019).

Dari kebakaran tersebut, ditaksir dari keempat rumah korban yang terbakar mengalami kerugian materi mencapai Rp 255 juta. Kerugian terbesar dialami oleh Zaeni yang ditaksir mencapai Rp 100 juta, karena rumah semi permanen berukuran 11×9 meter ludes bersama peralatan rumah tangga dan gabah 15 karung.

Sedangkan Sirno mengalami kerugian sebesar Rp 75 juta, karena rumah semi permanen ukuran 5X12 meter dan peralatan rumah tangga ludes. Joko Sunti rumahnya yang berukuran 9×9 meter terbakar 50 persen. Sehingga total kerugian ditaksir Rp 40 juta.

Sedangkan rumah Surip, meski hanya terbakar sekitar 60 persen namun beberapa barang yang disiapkan untuk hajatan pernikahan anaknya atau mantu ludes. Selain itu, sebanyak 47 karung gabah juga ikut terbakar. Surip ditaksir mengalami kerugian sebesar Rp 40 juta.

Banyaknya rumah yang terbakar ditengarai laporan kepada petugas Dinas Pemadam Kebakaran yang tidak segera dilakukan. Pemadaman dilakukan selama kurang lebih dua jam menggunakan empat unit mobil pemadam kebakaran dari Pos Kedungadem, Pos Baureno dan Pos Kota dengan mengerahkan 13 personil. “Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran tersebut,” pungkasnya. [lus/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar