Peristiwa

Ditinggal Angkut Sampah, Rumah Tukang Kebersihan Terbakar

Malang (beritajatim.com) РKebakaran mengakibatkan rumah milik Suparno Arifin (60), seorang petugas kebersihan hangus. Rumah di Dusun Niwen, Desa Sidorahayu, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang ini, terbakar Kamis (15/8/2019) pagi. Penyebab kebakaran diduga berasal dari tungku kayu.

Beruntung api yang membesar cepat diketahui. Sehingga bisa segera padam dan tidak merambat ke bangunan lainnya. Kerugian yang dialami korban, diperkirakan sekitar Rp 10 juta. “Yang terbakar hanya lantai dua rumahnya, karena api bisa cepat dipadamkan. Penyebabnya dari tungku kayu,” ujar Kanitreskrim Polsek Wagir, Aiptu Gatot.

Kebakaran sempat membuat panik warga sekitar pagi hari. Sebelum api membakar lantai dua rumahnya, Suparno Arifin memasak nasi. Korban memasak nasi dengan menggunakan tungku kayu di lantai dua rumahnya.

Setelah menyalakan tungku kayu, oleh Suparno ditinggal pergi. Korban menarik gerobak sampah dari rumah tangga di kampungnya. Saat ditinggal pergi inilah, api merambat ke barang dan perabot rumah yang ada di lantai dua.

Kasminah, istri korban yang berada di lantai satu, melihat ada kepulan asap. Sadar kalau lantai dua rumahnya terbakar, Kasminah lantas berteriak minta tolong. Warga sekitar yang mendengar berdatangan.

Melihat ada kobaran api di lantai dua rumah korban, warga lalu berusaha memadamkan api dengan air seadanya. Sebagian warga lainnya, melaporkan ke Polsek Wagir dan menghubungi petugas PMK Kabupaten Malang.

Satu unit armada PMK langsung diterjunkan ke lokasi. Sekitar 15 menit pembasahan, api akhirnya berhasil dipadamkan. “Barang yang terbakar kebanyakan sampah kering yang dikumpulkan oleh korban. Sehingga mudah sekali terbakar,” pungkasnya. (yog/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar