Peristiwa

Ditemukan Batu Bata Kuno Diduga Struktur Bangunan Candi di Kediri

Kediri (beritajatim.com) – Proses pembangunan proyek perumahan bersubsidi pemerintah di Dusun Sebanen, Desa Nambaan, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri dihentikan sementara waktu. Pasalnya, saat melakukan penggalian untuk pembuatan septic tank ditemukan batu bata kuno.

Batu bata dengan diameter mencapai 20 centimeter ini diduga merupakan material dari struktur candi. Dari temuan sementara, bangunan candi yang tampak dikedalaman 2 meter ini dengan panjang 5 meter serta lebar 60 centimeter yang diduga bentuknya menyerupai pagar.

Selain itu, warga juga menemukan batu bata kuno dengan panjang 42 centimeter, lebar 20 centimeter dan tinggi 8 centimeter. namun saat ini bongkahan batu berserakan dan sudah ditata oleh warga yang dikhawatirkan bisa merusak struktur bangunan cagar budaya.

Lokasi ini sangat berdekatan dengan situs Nambaan, sebuah cagar budaya yang sejak dahulu terkenal kawasan bersejarah.

Menyikapi temuan dari warga tersebut, Dinas Kebudayaan Pariwisata Kabupaten Kediri akan bekerja sama dengan BPCB Balai Pelestari Cagar Budaya Provinsi Jawa Timur untuk melakukan tindak lanjut selanjutnya.

“Kami belum bisa memastikan apakah akan ada obervasi lanjutan lantaran masih menunggu kedatangan Tim BPCB,” kata Kepala Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kabupaten Kediri, Adi Suwignyo.

Saat ini Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kabupaten Kediri hanya menghimbau agar proyek pembangunan perumahan dihentikan sementara waktu lantaran bisa merusak struktur temuan cagar budaya. Dari pantauan dilapangan pembangunan rumah ini sementara sudah dihentikan dan pekerja dipindahkan ke lokasi pembangunan yang lain. [nng/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar