Peristiwa

Distribusi Air Bersih Ditempatkan di Sumur dan Tandon

Petugas BPBD Pamekasan, mendistribusikan bantuan air bersih ke salah satu sumur warga di Dusun Bulu, Desa Larangan Loar, Kecamatan Larangan, Pamekasan.

Pamekasan (beritajatim.com) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pamekasan, mendistribusikan air bersih dengan menempatkan bantuan air ke sejumlah sumur maupun tempat penampungan air di berbagai wilayah terdampak kekeringan.

Hal itu dilakukan sebagai upaya agar masyarakat yang tersebar di berbagai wilayah terdampak kekeringan akibat musim kemarau tahun ini, bisa merasakan adanya distribusi air yang merupakan bantuan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan.

“Pendistribusian air bersih sudah kita lakukan dalam beberapa bulan terakhir, dimana sasaran pendistribusian merupakan dusun dan desa terdampak kekeringan akibat musim kemarau,” kata SPV BPBD Pamekasan, Budi Cahyono, Rabu (21/8/2019).

Diakuinya, proses pendistribusian tersebut ditempatkan di lokasi umum alias publik. Sehingga masyarakat dapat merasakan adanya bantuan air bersih. “Distribusi air bersih langsung kita masukkan ke sumur umum, sehingga bisa langsung diambil oleh warga,” ungkapnya.

“Namun yang pasti, sumur yang kami pilih sebagai penyimpanan air bersih merupakan sumur yang cukup kuat menyimpan air dan tidak menyerap. Apalagi selain sumur, kita juga menempatkan di tandon (penampungan air) yang tersebar di berbagai desa,” jelasnya.

Seperti diketahui, dari total 13 kecamatan berbeda di Bumi Gerbang Salam. Tercatat hanya dua kecamatan yang dipastikan aman dan bebas dari bencana kekeringan yang melanda Pamekasan, khususnya memasuki musim kemarau pada tahun ini.

Dua kecamatan tersebut masing-masing Kecamatan Pakong dan Kecamatan Pamekasan (Kota), keduanya tidak termasuk dari 11 kecamatan berbeda yang dipastikan terdampak kekeringan yang tersebar di sebanyak 325 dusun yang tersebar di 80 desa.

Akibat peristiwa tersebut, jumlah total warga terdampak kekeringan tahun ini terdiri dari 71.032 kepala keluarga yang tersebar di 80 desa di 11 kecamatan berbeda di Pamekasan. [pin/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar