Peristiwa

Dinkes Ponorogo Catat Ada 6 Orang Idap HIV

Foto: Ilustrasi

Ponorogo (beritajatim.com) – Dinas Kesehatan Kabupaten Ponorogo mencatat pada bulan Januari dan Februari ini ada 6 orang mengidap penyakit Human Immunodeficiency Virus (HIV). Virus yang hingga kini belum ditemukan obatnya itu bisa menyebabkan kematian dan beresiko menular.

”Kemungkinan sampai saat ini jumlahnya masih tetap,” kata Kepala Dinkes Ponorogo Drg. Rahayu Kusdarini, Senin (8/4/2019).

Namun, menurut Irin sapaan Rahayu Kusdarini, angka penderita HIV di Ponorogo ini bisa ditekan. Dia merujuk pada data dari tahun ke tahun yang menurun. Pada tahun 2017 penderita HIV mencapai 134 penderita. Jumlah itu turun di tahun 2018 yang tercatat 78 penderita HIV.

”Kami rutin lakukan deteksi ke kantung-kantung atau tempat yang berpotensi menjadi sarang HIV,” katanya.

Dia mengungkapkan penderita HIV dapat ditemukan di mana saja. Terutama tempat-tempat karaoke, warung remang, dan hiburan malam lainnya. Dan dapat terdeteksi di PMI Ponorogo ketika orang yang bersangkutan mendonorkan darahnya.

Karena ada beberapa temuan dari hasil deteksi melalui darah yang telah didonorkan.  Pihaknya kini gencar melakukan edukasi terhadap warga. Berkaitan pengetahuan tentang HIV.

”Sehingga warga dapat semakin mengerti bagaimana cara penularan virus tersebut. Dan akhirnya warga sendiri yang dapat mencegahnya,” pungkasnya.[end/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar