Pendidikan & Kesehatan, Peristiwa

Lebaran Idul Fitri

Dinkes Kabupaten Mojokerto Siapkan 270 Tenaga Kesehatan

Mojokerto (beritajatim.com) – Ada sekitar 270 tenaga kesehatan, 10 Rumah Sakit, 16 puskesmas rawat inap dan 28 ambulance yang disiapkan Dinkes Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mojokerto saat libur Hari Raya Idul Fitri 2019 nanti. Yakni mulai H-7 sampai H+7 lebaran.

Kepala Dinkes Kabupaten Mojokerto, Didik Khusnul Yakin mengatakan, ada tenaga medis sekitar 270 orang terdiri dokter, bidan, perawat dan tenaga kesehatan lain. “Misal tenaga analis di laboratorium jika dibutuhkan,” ungkapnya usai apel kesiapaan libur lebaran, Selasa (28/5/2019).

Untuk Rumah Sakit (RS) rujukan ada 10 yakni dua RS milik pemda dan delapan RS swasta, sementara untuk puskesmas ada 27 puskesmas yang tersebar di Kabupaten Mojokerto. Buka 24 jam ada 16 puskesmas yang merupakan puskesmas rawat inap yang ada di jalur mudik.

“Ambulance ada 27 ditambah ambulance Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu atau SPGDT satu buah, total ada 28 ambulance. Sehingga tujuan dari apel siaga jajaran kesehatan ini untuk mengecek kesiapan kita dalam memberikan pelayanan kesehatan mudik dan balik lebaran,” ujarnya.

Mulai dari sisi tenaga atau Sumber Daya Manusia (SDM) dan sarana serta prasarana (saspras). Yakni ambulance, obat-obatan dan kelengakapan yang digunakan dalam memberikan kesiapan memberikan pelayanan kesehatan. Menurutnya, ketersediaan obat-obatan di Dinkes Kabupaten Mojokerto cukup untuk libur lebaran.[tin/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar