Peristiwa

Dihantam Banjir, Jembatan Sumbermanjing Kulon Malang, Putus

Jembatan Sumbermanjing Kabupaten Malang Putus diterjang Banjir

Malang (beritajatim.com) – Jembatan penghubung dua kampung di RT20 dengan RT12 masuk Dusun Krajan, Desa Sumbermanjing Kulon, Kecamatan Pagak, Kabupaten Malang terputus usai dihantam banjir, Kamis (24/1/2019).

Putusnya jembatan sepanjang 50 meter itu, berdampak pada aktifitas warga setempat. Tidak ada korban jiwa saat jembatan putus sejak kemarin malam.

“Warga sekitar RT20 ini untuk menuju ke kampung RT12 harus memutar sejauh 2 kilometer. Begitu juga dengan sebaliknya,” terang Sunardi, Ketua RT20 RW06, Dusun Krajan, Kamis (24/1/2019).

Dikatakannya, kejadian runtuhnya jembatan penghubung tersebut terjadi malam hari sekitar pukul 23.00. Ketika kejadian hujan turun deras mengguyur wilayah sekitar. Dampaknya air sungai meluap dan arus menjadi deras.

“Mungkin karena terpaan arus sungai yang deras itu, membuat pondasi jembatan tidak kuat menahan air hingga akhirnya jebol dan membuat jembatan runtuh,” bebernya.

Sunardi melanjutkan, jembatan tersebut dibangun pada tahun 2015 lalu. Sebelum runtuh, memang sudah ada tanda-tanda. Pondasi jembatan retak dan mulai terkikis.

“Namun selama ini belum ada perhatian dari pemerintah, hingga akhirnya jembatan itu runtuh,” ujarnya sembari mengatakan bahwa sebelum dibangun permanen pada 2015, dulunya terbuat dari bambu,” paparnya.

Pasca putus, sampai siang ini jembatan tersebut masih belum ada perbaikan. Kondisi jembatan masih terlihat runtuh di dasar sungai. Warga sekitar juga mengeluhkan kondisi jalan desa yang rusak namun belum ada perbaikan dari pemerintah daerah. (yog/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar