Peristiwa

Diduga Kelalaian Warga, Lahan Bambu di Pamekasan Terbakar

Pamekasan (beritajatim.com) – Dua lahan bambu di dua lokasi berbeda di Pamekasan, yakni di Jl Sersan Mesrul Kelurahan Gladak Anyar, serta di Jl Kecamatan Pamekasan, terbakar diduga akibat keteledoran masyarakat, Selasa (16/7/2019).

“Peristiwa ini terjadi di hari yang sama dengan durasi waktu berbeda, pertama terjadi sekitar pukul 1.15 WIB dini hari. Selanjutnya pagi ini sekitar pukul 7:35 WIB, tipe kejadian sama-sama lahan bambu,” kata Supervisor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pamekasan, Budi Cahyono.

Lahan Bambu di Jl Sersan Misrul, Gladak Anyar, terbakar sekitar pukul 1.15 WIB dini hari.

Pihaknya menduga dua kejadian tersebut akibat kelalaian masyarakat yang membuang sampah sembarangan, bahkan satu di antaranya diduga akibat sampah puting rokok. “Kebakaran pertama terjadi tepat di dekat pemukiman warga, diperkirakan karena ada yang membuang putung rokok sembarangan dan mengakibatkan sampah kering daun bambu terbakar dan menjalar ke area bambu,” ungkapnya.

“Kebakaran selanjutnya juga di area lahan bambu yang dekat pemukiman warga, diperkirakan terjadi karena ada yang membakar sampah sembarangan dan mengakibatkan menjalar ke pohon bambu. Apalagi saat ini sudah memasuki musim kemarau dan sebagian lahan mulai mengering dan mudah terbakar,” jelasnya.

Akibat kejadian tersebut, tim BPBD bersama Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Pamekasan, dibantu Forum Relawan Penanggulangan Bencana dan masyarakat setempat, sigap memadamkan api hingga api tidak menjalar ke pemukiman warga dengan melakukan pembasahan di lahan yang terbakar.

“Jadi kami mengimbau kepada seluruh masyarakat Pamekasan, agar selalu berhati-hati terhadap musibah kebakaran. Terlebih saat ini sudah memasuki musim kemarau yang biasanya kerap terjadi musibah kebakaran. Dan alhamdulillah kejadian ini tidak ada korban,” imbaunya. [pin/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar