Peristiwa

Derai Air Mata Iringi Keberangkatan CJH Jombang

Jombang (beritajatim.com) – Iring-iringan bus bergerak meninggalkan halaman pendapa Kabupaten Jombang, Selasa (23/7/2019). Sejumlah bus tersebut berpenumpang penuh. Mereka adalah para tamu Allah dari kota santri.

Seiring bus bergerak, lantunan kalimat talbiyah berkumandang syahdu. Para pengantar yang memadati halaman pendapa melambaikan tangan. Mereka seakan tak rela melepas kepergian kelurga ke tanah suci.

Mata-mata sembab para pengantar juga terlihat. Tidak jarang dari mereka meneteskan air mata. Suasana haru dan khidmat begitu terasa. “Labbaik Allahumma Labbaik.. Labbaika Laa Syarikalaka Labbaik Innalhamda Wan Ni’ mata. Laka Wal Mulk,” ucapan talbiyah itu terus berkumandang sahut menyahut.

Tahun ini Kabupaten Jombang memberangkatkan 890 calon jemaah haji (CJH). Ratusan CJH tersebut tergabung dalam tiga kloter (kelompok terbang), yakni 52, 53 dan 54. Untuk kloter 52 diberangkatkan oleh Bupati Jombang Mundjidah Wahab pada Senin (22/7/2019).

Sedangkan kloter 53 dan 54 diberangkatkan hari ini oleh Sekda Kabupaten Jombang, Akhmad Jazuli dari Pendopo Pemkab setempat pada pukul 11.00 WIB. Selanjutnya, rombongan akan bertolak menuju asrama haji di Surabaya sebelum akhirnya menuju Tanah suci di Makkah.

Ratusan keluarga pengantar pun nampak memenuhi halaman pendapa. Bahkan, ribuan rombongan iring-iringan pengantar juga memadati jalan depan pendopo dan Alun-alun setempat.

Ahmad Jazuli meminta para keluarga mendoakan seluruh CJH asal Jombang selamat dan bisa menunaikan ibadah haji dengan khusuk dan menjadi haji mabrur. “Kami lepas dengan iklhas, saya harap yang berangkat juga akan mendoakan semua yang hadir di pendapa ini segera menyusul ke tanah suci,” ujar Sekda Jombang ini.

Kepala Kemenag Jombang Taufiq Jalil menambahkan, secara keseluruhan CJH asal Jombang yang dipastikan berangkat berjumlah 991 orang. Jumlah itu ditambah dengan 11 jamaah cadangan yang akan menyusul keberangkatannya di kloter akhir.

“Jumlah tersebut terbagi dalam tiga kloter yakni kloter 52 sebanyak 90 orang dan 890 jamaah yang berangkat hari ini dalam dua kloter, yakni kloter 53 dan 54,” ujar Taufik. [suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar