Peristiwa

Demo Ricuh, Fasilitas Umum di Pamekasan Rusak

Massa peserta aksi di Gedung DPRD Pamekasan, berhamburan saat petugas menyemprotkan waterconan disertai gas air mata, Jum'at (27/9/2019).

Pamekasan (beritajatim.com) – Sejumlah fasilitas umum di sepanjang Jl Kabupaten, rusak akibat aksi ribuan massa yang brutal saat berunjuk rasa menolak RUU KUHP dan RUU KPK di Gedung DPRD Pamekasan, Jum’at (27/9/2019) siang.

Kondisi tersebut terjadi akibat aksi damai yang berujung ricuh dan membuat massa peserta aksi berhamburan, terlebih saat petugas pengamanan melepaskan gas air mata disertai waterconan yang membuat tumpukan massa terbelah dan berhamburan.

Kondisi tersebut sontak membuat sejumlah peserta aksi semakin brutal, sejumlah fasilitas umum dirusak. Bahkan beberapa pot bunga yang berada di tengah jalan dirobohkan, pecahan pot selanjutnya dijadikan alat untuk melempari petugas yang berada tepat di depan gedung wakil rakyat.

Fasilitas umum di Jl Kabupaten, rusak akibat aksi anarkis massa saat berunjuk rasa di depan Gedung DPRD Pamekasan, Jum’at (27/9/2019).

Tidak hanya itu, tembakan gas air mata maupun semprotan watercanon tidak membuat massa peserta aksi jera. Sebagian di antara mereka pun semakin beringas dan merobohkan jejeran pot bunga yang terpajang di sepanjang Jl Kabupaten.

Tidak hanya itu, terdapat beberapa rambu yang terpasang di area Taman Aspirasi juga tidak lepas dari amukan massa. Sehingga petugas terus berupaya menenangkan beberapa massa peserta aksi dan mengurai demi menghindari gesekan lanjutan.

Memang pada akhirnya, aksi brutal massa bisa diredam oleh para petugas pengamanan. Hanya saja sejumlah fasilitas umum seperti pot bunga hingga rambu rusak dan berserakan di sepanjang Jl Kabupaten, tepatnya di pusat aksi yang juga diikuti para pelajar dari salah satu lembaga pendidikan di Bumi Gerbang Salam.

Namun hingga berita ini ditulis, belum ada keterangan resmi dari pihak terkait seputar kerugian dari kerusakan sejumlah fasilitas umum. Terlebih pembangunan di area Taman Aspirasi baru saja tuntas.

Namun demikian, tampak terlihat Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pamekasan, Amin Jabir melihat langsung kondisi kerusakan yang terjadi di sepanjang jalan menuju rumah dinas Bupati Pamekasan maupun menuju kantor Pemda dan DPRD setempat. [pin/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar