Peristiwa

Danrem 081/DSJ Lepas Longmarch Merah Putih Tingkat Nasional 2019

Madiun (beritajatim.com) – Danrem 081/DSJ Kolonel Inf Masduki bertindak sebagai Irup (inspektur upacara) pada pembukaan Longmarch Merah Putih Tingkat Nasional 2019, bertempat di Monumen Kresek, Desa Kresek, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Sabtu (12/10/19).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Resimen Mahasiswa Mahasurya Satuan 832 Garuda Cakti Universitas Merdeka Madiun bertujuan memperingati hari Kesaktian Pancasila dan untuk memperkokoh ideologi Pancasila. Juga untuk menambah rasa cinta tanah air, bela negara, menjaga keutuhan NKRI, serta menangkal radikalisme dan disintegrasi bangsa.

Sebanyak 144 peserta turut dalam kegiatan tersebut. Kebanyakan dari mereka berasal dari Resimen Mahasiswa (Menwa) dari berbagai kampus atau universitas di Indonesia. Dalam amanatnya, Danrem berharap, kegiatan itu mampu menumbuhkembangkan jiwa patriotisme untuk menghadapi berbagai tantangan bangsa ke depan, baik dari dalam maupun luar negeri.

Ia menuturkan, ancaman itu dapat berupa juga ancaman ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, serta militer dan non militer. Terkait kemungkinan adanya ancaman terhadap ideologi Pancasila, Danrem menghimbau dan mengajak untuk senantiasa menjaga ideologi negara tersebut.

Khusus untuk kegiatan itu, Kolonel Inf Masduki berharap ke depan pesertanya dapat lebih banyak lagi, hingga mencapai 2000 orang. Selanjutnya, setelah pelaksanaan upacara pembukaan, Danrem melepas para peserta Longmarch Merah Putih Tingkat Nasional 2019. [end/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar