Peristiwa

Dandim Ponorogo dan Bulog Bahas Serapan Gabah Petani

Ponorogo (beritajatim.com) – Kodim 0802/Ponorogo Ponorogo menggelar rapat koordinasi serapan gabah, Kamis (14/3/2019), di Kantor Bulog Desa Ngrupit, Kecamatan Jenangan. Hal itu untuk mengoptimalkan dan meningkatkan pencapaian target penyerapan gabah dan beras petani.

Selain itu juga untuk memenuhi target stock pangan di wilayah Kabupaten Ponorogo khususnya, sehingga dapat memenuhi target pemerintah untuk swasembada pangan nasional.

Komandan Kodim 0802/Ponorogo Letkol Inf Made Sandy Agusto mengatakan, diadakannya rapat koordinasi diharapkan para gabungan kelompok tani (Gapoktan) di wilayah Ponorogo dapat berkomunikasi dan berdiskusi guna mencari solusi khususnya bidang pertanian.

“Untuk pelaksanaan di lapangan nanti, kita dari personel TNI akan membantu bahkan bersama–sama subdivre dan tim dari dinas pertanian maupun dari ketahanan pangan,” kata Dandim.

“Saya yakin, dengan wilayah pertanian kita yang luas ini dan juga dukungan dari pemerintah baik itu berupa pupuk bersubsidi maupun alsintan dan juga yang lainnya, kita bisa memenuhi target sesuai yang diharapkan pemerintah. Untuk itu mari kita semua baik dari instansi terkait maupun bapak-bapak semua untuk bersama-sama mewujudkan program pemerintah yang bertujuan untuk mensejahterakan dan memakmurkan rakyatnya,” tutur Letkol Inf Made Sandy Agusto.

Usai diskusi dan tanya jawab, rapat koordinasi serapan gabah juga disertakan kegiatan secara praktek. Yakni bagaimana cara menentukan mutu atau kualitas gabah dan beras. Sehingga para Gapoktan dan juga peserta yang hadir mengerti mutu gabah dan beras yang telah dipanen.

Acara tersebut juga dihadiri Tim sergap Kementan Lilik Retnowati, Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Ponorogo Nur Mahmudi, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Ade Wawan, Kepala Subdivre Bulog unit 1 Anita Andriani, seluruh Danramil Kodim 0802/Ponorogo, serta Gapoktan. [end/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar