Peristiwa

Dandim Pamekasan Buka Diklat Pembentukan Kader Bela Negara

Pamekasan (beritajatim.com) – Komandan Kodim (Dandim) 0826 Pamekasan Letkol Inf M Effendi secara resmi membuka Diklat Pembentukan Kader Bela Negara yang dipusatkan di Makodim Pamekasan, Jl Letnan Maksum Nomor 12, Kelurahan Lawangan Dheje, Kecamatan Pademawu, Sabtu (9/11/2019).

Diklat yang diikuti sebanyak 100 siswa dari berbagai sekolah tingkat SMA dan sederajat di Bumi Gerbang Salam, di antaranya siswa SMA Negeri 1 hingga 5 Pamekasan, SMK Negeri 1 hingga 3 Pamekasan, serta dua Madrasah Aliyah alias MA 1 dan 2 Pamekasan.

Dalam pembukaan kegiatan tersebut, tampak hadir Wakil Bupati Pamekasan, Raja’e beserta Sekretaris Daerah (Sekda) Pamekasan Totok Hartono, Kapolres Pamekasan AKBP Teguh Wibowo, Kasi Intel Kejaksaan Negeri Pamekasan Sutrisno, Kepala Bakesbangpol Pamekasan Imam Rifadi, serta pembina masing-masing peserta diklat.

“Kegiatan ini bertujuan untuk menekankan nilai-nilai bela negara bagus para pelajar, agar mereka memiliki kesadaran dan mampu menerapkan di lingkungan sekolah. Termasuk juga pembinaan kesadaran bela negara, salah satunya dengan diarahkan untuk menangkal paham ideologi dan budaya yang bertentangan dengan nilai kepribadian bangsa,” kata Dandim 0826 Pamekasan, Letkol Inf M Effendi.

Diakuinya, hakikat pembinaan kesadaran bela negara merupakan upaya membangun karakter bangsa dengan menanamkan jiwa nasionalimse dan ketahanan nasional demi mewujudkan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945.

“Prinsipnya, pelatihan bela negara ini bukanlah meliterisme. Namun merupakan salah satu upaya mengubah pola pikir, seperti pelatihan kedisiplinan dan kepemimpinan. Sehingga hal-hal tersebut dapat diterapkan dalam lingkungan sekolah,” ungkapnya.

Dari itu pihaknya berharap diklat tersebut nantinya dapat memotivasi para siswa untuk menerapkan hasil penelitian di lingkungan masing-masing. “Untuk itu, diklat ini agar dilakukan dengan penuh tanggungjawab dan semangat sesuai arahan dan petunjuk para pembina,” harapnya. [pin/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar