Peristiwa

Cuaca Ekstrem, Kapal Sabuk Nusantara 92 ‘Balik Kucing’ ke Kalianget

Sumenep (beritajatim.com) – Kapal perintis Sabuk Nusantara 92 dari Pelabuhan Kalianget menuju Pulau Masalembu, tiba-tiba putar haluan dan kembali ke Pelabuhan Kalianget.

“Perjalanan baru sekitar 4 mil atau 2,5 jam, tiba-tiba kapal kembali ke Pelabuhan Kalianget,” kata salah satu penumpang, Dedy Supriyadi, Minggu (12/05/2019).

Ia mengaku tidak tahu persis mengapa kapal tiba-tiba ‘balik kucing’. Namun berdasarkan pengumuman yang disampaikan anak buah kapal (ABK), kapal terpaksa kembali ke Kalianget karena cuaca buruk. “Penjelasan dari ABK seperti itu. Cuaca ekstrem di tengah laut, sehingga nahkoda memutuskan untuk kembali ke Pelabuhan Kalianget,” ucapnya.

Namun ia mengaku heran, karena sepanjang perjalanan kapal, laut terkesan tenang. Tidak ada ombak dan angin. “Dicek di webb BMKG, cuaca cerah. Ketinggian ombak hanya 0,5 – 1,5 meter. Saya telepon keluarga di Masalembu, katanya disana cuaca juga bagus. Tidak ada angin. Mangkanya para penumpang ini heran, kok bisa kapal kembali ke Kalianget?” ujarnya.

Menurut Dedy, belum ada informasi pasti, kapan kapal akan berangkat kembali. Pihak ABK hanya menyampaikan bahwa kapal akan berlayar kembali setelah cuaca membaik. “Pastinya kapan berangkatnya ya belum tahu. Ini tadi penumpangnya memang membeludak. ‘Over capacity’ rasanya. Sekarang sebagian penumpang ada yang bertahan di kapal, ada yang mencari penginapan,” ucapnya.

Untuk sampai ke Pulau Masalembu, diperlukan waktu tempuh 14 jam perjalanan laut dari Pelabuhan Kalianget, dalam kndisi cuaca normal.

Sekedar informasi, sebelum Kapal Sabuk Nusantara 92 tersebut berangkat ke Pulau Masalembu, kelaikan kapal sempat dicek langsung oleh Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, Menteri Kesehatan, Nila Moeloek, didampingi Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. (tem/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar