Peristiwa

Calon Pemudik Mulai Serbu Tiket Eksekutif dan Bisnis, Ini Penyebabnya

Petugas menjaga perlintasan saat melakukan pengaturan perlintasan kereta api di Jalan A Yani, Surabaya, belum lama ini.(manik priyo prabowo)

Surabaya (beritajatim.com) – PT Kereta Api Indonesia (Persero) mulai kebanjiran pemesanan tiket bisnis dan eksekutif. Banjirnya pesanan para calon pemudik itu dikarenakan tiket kereta api kelas ekonomi sudah mulai menipis.

Bahkan, dengan kemudahan pembelian melalui aplikasi KAI Access dan Web resmi PT KAI, para calon pemudik langsung bisa membeli berbagai tiket dengan mudah. Suprapto, Manager Humas PT KAI Daop 8 menjelaskan masa Angkutan Lebaran 1441 H seluruh tiket sudah bisa dibeli mulai H-90 lalu.

Sebagai langkah antisipasi terus meningkatnya jumlah pengunjung channel penjualan tiket, KAI telah mengoptimalkan sistem penjualan tiket serta menambah kapasitas server. Server dan bandwidth ini ditambah sebanyak dua kali lipat dari hari biasa. Hal ini bertujuan agar proses pemesanan tiket di seluruh channel dapat berjalan dengan lancar.

“PT KAI Daop 8 Surabaya menghimbau agar calon penumpang memastikan pemesanan tiket Lebaran melalui channel resmi KAI atau mitra resmi yang telah bekerjasama dengan KAI. Terlebih dengan dibanjirinya tiket ekonomi, bisnis maupun eksekutif ini, PT KAI memastikan bahwa tak ada penjualan tiket melalui calo. Sehingga masyarakat jangan sampai tertipu saat membeli tiket,” tandasnya, Jumat (28/2/2020).

Lebih lanjut Prapto menjelaskan, wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya terdapat 33 KA reguler jarak Jauh/Menengah yang merupakan pemberangkatan awal di wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya. Pada masa angkutan lebaran 1441 H ini perjalanan Kereta api reguler dari Daop 8 Surabaya tersebut terdapat 8 KA kelas Eksekutif dengan kapasitas 3.338 tempat duduk. 11 KA kelas ekonomi dengan kapasitas 8.526 tempat duduk dan 14 KA kelas 4 Campuran dengan kapasitas 7.984 tempat duduk.

Total dari 33 perjalanan KA reguler jarak jauh atau menengah tersebut tersedia total tempat duduk sebanyak 19.848 tempat duduk.

“Kami menghimbau agar masyarakat bisa merencanakan liburan Lebaran ini sebaik mungkin dengan memesan tiket melalui aplikasi pemesan tiket secara online atau minimarket seperti Indomaret dan Alfamart yang lebih dekat jaraknya dari masyarakat. Jadi tidak perlu lagi mengantri di Loket Stasiun, ” ujar Suprapto.

Berdasarkan pantauan pemesanan tiket pada hari ini, Jumat, 28 Februari 2020, jam 12:00 wib, bahwa kondisi ketersediaan tiket di wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya pada umumnya masih banyak tersedia.

Adapun gambaran dari kondisi tiket angkutan lebaran yang sudah bisa dipesan selama 15 hari (H-10 s/d H+3 atau 14 s/d 28 Mei 2020) di wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya sebagai berikut :

1). Jumlah total tiket yang sudah terjual selama 15 hari masa angkutan Lebaran 2020 di wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya yang sudah bisa dipesan berjumlah total 60.111 tiket.

2). Trend pemesanan tiket yang paling dominan di wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya adalah pemesanan tiket untuk pemberangkatan KA setelah Hari Raya Lebaran 2020. Hal ini mengingat bahwa Surabaya berada di wilayah timur Pulau Jawa.

3). Dari 15 hari masa angkutan lebaran 2020 yang sudah terjual di wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya, maka pemberangkatan pada tanggal 27 Mei 2020 (H+2 setelah Lebaran) , merupakan hari yang paling terbanyak tiket dipesan di wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya dengan jumlah pemesanan tiket sebanyak 9.693 tiket atau 53 % dari total tiket yang tersedia (18.408 tiket). Dengan tujuan yang favorit terbanyak adalah relasi Surabaya/ Malang ke Jakarta.

4). Sementara untuk pemesanan tiket masa angkutan Lebaran 2020 yang sebelum Hari Lebaran, tanggal favorit yang sudah dipesan adalah pada tanggal 21 Mei 2020 (H-3 Lebaran) dengan total angka pemesanan tiket sebanyak 7.102 buah atau 49 % dari total tiket yang tersedia (18.408 tiket). Dengan tujuan favorit adalah relasi Surabaya/ Malang menuju Jakarta, Bandung dan Banyuwangi.(man/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar