Peristiwa

Bus Kawan Kita Terbakar di Kediri

Kediri (beritajatim.com) – Bus Kawan Kita jurusan Kediri – Nganjuk terbakar di depan Rumah Sakit Muhammadiyah Ahmad Dahlan Kota Kediri, Jumat (10/5/2019) petang. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, enam penumpang beserta sopir dan kondektur selamat.

Awalnya Bus dengan nomor polisi AG 7012 UB berjalan dari Terminal Tamanan Kota Kediri menuju ke Kabupaten Nganjuk. Bus disopiri oleh Rokainiani ini membawa enam orang penumpang. Saat melintas di Jalan Gatot Subroto, tepatnya di depan RS Muhammadiyah Kediri bagian bawah bus mengeluarkan asap.

Sopir bus langsung menghentikan laju kendaraanya. Bersama kondektur, sopir turun untuk memeriksa. Ternyata dari kepulan asap tersebut terlihat api yang membakar bagian bawah bus. Seluruh penumpang bus langsung diminta untuk turun.

Masyarakat sekitar yang mengetahui kejadian itu berdatangan untuk menolong. Di antara mereka ada yang menghubungi layanan aduan Satpol PP Kota Kediri dan kepolisian. Akhirnya petugas datang untuk membantu. Petugas menelpon Mobil PMK dan mengatur arus lalu lintas yang sempat macet.

“Saat anggota patroli rutin, kami memperoleh aduan dari masyarakat bahwa di depan RS Muhammadiyah Ahmad Dahlan Kota Kediri ada bus yang terbakar. Peristiwa itu berdampak pada gangguan trantibum dan ketentraman masyarakat. Kami berusaha membantu mengatur arus lalu lintas dan memadamkan api,” kata Kabid Trantibum Satpol PP Kota Kediri, Nur Khamid.

Mobil PMK yang datang ke lokasi kejadian langsung menyemprotkan air kea rah api. Setelah memakan waktu kurang lebih 1 jam, akhirnya api berhasil dipadamkan. Dipastikan tidak ada korban dalam peristiwa ini.

Sementara itu, berdasarkan keterangan pihak sopir, penyebab kebakaran karena kebocoran pada selang solar. Rembesan BBM tersebut menjalar ke bagian body bus dank e arus listrik dari acuu. Percikan api kemudian membakar BBM yang mengakibatkan kebakaran terjadi. Akibat musibah ini, kerugian materi diperkirakan mencapai Rp 25 juta. Sementara penumpang dioper pada bus lain ke arah Nganjuk. [nng/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar