Peristiwa

Lebaran 2019

Buruh Migran Sumbang Remittance ke Ponorogo Sebesar Rp 19 Milyar

Kantor Pos Ponorogo

Ponorogo (beritajatim.com) – Banyaknya Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Ponorogo yang ada di luar negeri, membuat remitance atau kiriman uang meningkat drastis dimomen lebaran ini. Ini bisa dilihat dari data terbaru sampai dengan akhir Mei lalu, Kantor Pos Ponorogo mencatat ada total transaksi senilai Rp 19,2 milyar.

”Momen lebaran ini ada kenaikan sekitar 15-20 persen. Pada bulan-bulan biasanya sekitar angka Rp 17 milyar,” kata Kepala Kantor Pos Ponorogo Hadi Ernowo, Minggu (9/6/2019).

Hadi mengungkapkan remittance ini berasal dari negara-negara yang menjadi tujuan PMI, seperti negara  Malaysia, Singapura, Hongkong, Taiwan, Korea Selatan hingga negara Timur Tengah.

Negara Timur Tengah, lanjut Hadi juga meningkat drastis dibanding bulan-bulan lainnya. Karena kemungkinan negara di sana juga merayakan lebaran. Bisa jadi banyak pekerja yang mendapatkan gaji tambahan.

”Pekerja disana mungkin dapat bonus di lebaran ini jadi tren remittance dari sama meningkat,” katanya.

Hadi menambahkan jumlah remittance di bumi reyog ini menempatkan Ponorogo sebagai daerah tertinggi di se-Eks Madiun. Sedangkan untuk Jawa Timur, Ponorogo berada di 5 besar. Dibawah kabupaten dan Kota Malang, Tulungagung, Kediri.

”Ponorogo memang kantong PMI, tak heran lah jika remittance nya tinggi se eks Madiun,” pungkasnya.(end/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar