Peristiwa

Bupati Tinjau Tanggul Bengawan Solo Ambles di Tuban

Tuban (beritajatim.com) – Keberadaan tanggul sungai Bengawan Solo yang berada di perbatasan Desa Sembungrejo dengan Desa Kedungrojo, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban, kondisinya sangat kritis. Tanggul tersebut amblas sepanjang puluhan meter.

Tanggul utama sebagai penahan air Bengawan Solo itu mengalami amblas dengan kedalaman sekitar 2,5 meter sampai dengan 3 meter dan panjangnya sekitar 80 meter. Kodisi tanggul yang kritis itu saat ini sudah dilakukan perbaikan dan Bupati Tuban langsung turun ke lapangan untuk meninjau perbaikan, Jumat (8/11/2019).

Proses perbaikan tanggul secara darurat itu dilakukan oleh pihak Pemerintah Kabupaten Tuban, bersama dengan Balai Besar Bengawan Solo (BBWS) serta warga masyarakat Kecamatan Plumpang dan juga para relawan. Perbaikan tanggul itu ilakukan selama beberapa hari terakhir.

“Yang kondisinya ambles itu sekitar 80 meter. Ini pengurukan sudah menghabiskan 120 rit pedel, kebutuhan sekitar 200 rit,” ungkap Saefiyudin, Camat Plumpang, saat menjelaskan kondisi perbaikan tanggul kepada Bupati Tuban.

Sementara itu, dalam peninjauan di lokasi perbaikan tanggul, Bupati Tuban Fathul Huda memastikan bahwa perbaikan tersebut dipastikan segera rampung. Pasalnya, jika banjir datang dan perbaikan belum selesai maka akan mengancam ribuan hektar sawah dan juga pemukiman warga.

“Kalau sampai terjadi bencana, yang terdampak sampai 52 ribu hektar sawah. Belum lagi dengan pemukiman penduduk,” terang Bupati Tuban.

Sementara anggaran untuk perbaikan menghabiskan sekitar Rp 143 juta. Dana tersebut merupakan sharing dari Pemkab Tuban serta BBWS. Selain itu, warga masyarakat di Kecamatan Plumpang juga secara swadaya ikut berpartisipasi dalam perbaikan tanggul.

“Alhamdulillah sangat membanggakan koordinasi yang baik antara Pemkab Tuban, BBWS dan juga warga masyarakat. Sehingga dengan kerja sama yang kompak ini Insya Allah dalam waktu yang tidak lama lagi ini bisa terselesaikan,” papar Bupati Tuban. [mut/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar