Peristiwa

Bunga Bangkai Tumbuh di Kebun Milik Warga Mojokerto

Amari menunjukkan bunga bangkai yang tumbuh di kebun milik kakaknya. [Foto: misti/beritajatim]

Mojokerto (beritajatim.com) – Bunga bangkai tumbuh di kebun salah satu warga di Dusun Tambaksari, Desa Kertosari, Kecamatan Kutorejo, Kabupaten Mojokerto. Bunga dengan nama ilmiah Raflesia Arnoldi ini langsung membuat gempar warga sekitar.

Bunga tergolong langka berukuran tinggi sekitar 30 sentimeter dan lebar 10 sentimeter tumbuh di kebun milik Majayin yang tak lain Kepala Dusun (Kadus) setempat. Sebelum tumbuh dan berbunga, tanah di sekitar lokasi tampak retak.

Adik Majayin, Amari (50) mengatakan, bunga bangkai tersebut tumbuh sekitar lima hari yang lalu. “Awalnya tanah seperti retak, lalu dua hari kemudian kelihatan bunga dengan warna ungu keluar dari tanah. Kita tidak tahu kalau ini bunga bangkai,” ungkapnya, Sabtu (9/11/2019).

Masih kata Amari, warga mengetahui tanaman itu adalah bunga bangkai dari aroma yang muncul. Aroma yang keluar dari bunga tersebut, lanjut Amari, mirip bangkai tikus. Saat ia dan warga mencari tahu asal bau ternyata dari bunga tersebut.

“Tadinya dikira ada tikus mati, lalu saya dan orang-orang mencari asal bau itu. Setelah didekati sumber bau, ternyata dari bunga itu. Baunya menyengat, sampai keponakan saya mengungsi karena tidak tahan dengan bau yang dikeluarkan,” pungkasnya. [tin/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar