Peristiwa

Bukit Piket Nol Longsor, Jalur Lumajang-Malang Putus

Lumajang (beritajatim.com) – Bukit piket Nol di Desa Sumberwuluh Kecamatan Candipuro tepatnya di Jalur Lumajang – Malang KM 57 terjadi longsor dan menutup badan jalan. Akibatnya, akses jalan Nasional lintas selatan putus total, Kamis (21/3/2019).

Material longsor bukan hanya tanah, tetapi juga bebatuan besar memenuhi badan jalan. Sehingga, kendaraan dalam bentuk jenis apapun tidak bisa melintas dan terpaksa putar balik.

Untuk mengevakuasi material longsor, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang mengerahkan alat berat. “Saat ini proses evakuasi material,” kata Kepala BPBD Lumajang, Teguh Widjayanto pada beritajatim.com.

Lanjut dia, longsor disebabkan hujan deras yang menguyur wilayah bukit piket nol sejak Rabu Siang hingga Malam. AKibatnya, sekitar jam 1 malam longsoran kecil terjadi dan pepohonan tidak bisa menahan erosi tanah bukit.

“Memang jalur piket nol jika hujan deras menguyur lebih dari 4 jam rawan terjadi longsor,” paparnya.

Untuk warga yang hendak menuju ke Malang lewat jalur selatan ditutup total dan diminta lewat jalur Probolinggo-Pasuruan. Sedangkan untuk jalur alternatif hanya bisa dilalui oleh kendaraan pribadi dikarenakan merupakan jalur tambang pasir Semeru di ALiran Besuk Kobokan. [har/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar