Peristiwa

BPBD: Kebakaran di Gunung Panderman Sudah Padam

Malang(beritajatim.com) – Tim gabungan pemadam kebakaran Gunung Panderman mengungkapkan api yang melalap gunung setinggi 2.045 mdpl itu telah padam sejak pukul 13.00 WIB, Rabu, (24/7/2019). Pemadaman berlangsung selama tiga hari sejak Minggu malam, (21/7/2019).

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu Achmad Choirur Rochim mengatakan dengan padamnya Gunung Panderman tim gabungan yang terdiri dari BPBD, Perhutani, TNI, Polri, dan relawan dari berbagai komunitas resmi dibubarkan. Hanya BPBD dan Perhutani saja yang masih disiagakan hingga Sabtu, (27/7/2019).

“Luasan lahan yang terbakar 70 hektare berada di petak 227 dan 213 kawasan Perhutani Desa Pesanggrahan dan Desa Oro-Oro Ombo Kecamatan Batu Kota Batu. Sejak pukul 13.00 WIB sudah dinyatakan padam,” kata Rochim.

Laporan tim gabungan di lapangan, jenis tanaman yang terbakar meliputi Cemara Angin, Galitus dan Perdu (semak belukar). Setelah tim dibubarkan, pemadaman bara api dan pengawasan bekas kebakaran hutan akan dilaksanakan oleh Perhutani dan BPBD.

“Rencana pemadaman bara api dan pengwasan akan dilaksanakan sampai hari Sabtu, 27 Juli 2019. Kami juga akan lakukan rapat koordinasi untuk evaluasi pelaksanaan penanganan darurat dan rekomendsi pasca bencana,” tandasnya. (luc/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar