Peristiwa

BPBD: Kawasan TWA Kawah Ijen Hangus Terbakar

Banyuwangi (beritajatim.com) – Kabid Kedaruratan dan Logistik, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi, Eka Muharam menyebut, kebakaran di Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen semakin membesar. Api yang sebelumnya melahap sisi Widodaren telah merangsek dan menghanguskan pintu masuk maupun jalur pendakian di gunung tersebut.

“Tadi hanya di sekitar Widodaren. Sekarang malah ke pintu masuk atau di belakang penjagaan TWA Kawah Ijen,” ujar Eka Muharram, Kepala Bidang Kedaruratan dan Kebencanaan BPBD Banyuwangi, Minggu (20/10/2019).

Eka mengatakan, terdapat dua sumber api yang membakar kawasan itu. Di antaranya dari Gunung Ranti dan Kawah Ijen itu sendiri.

“Ada dua sumber api, dari Gunung Ranti yang berasal dari pembukaan lahan yang dibakar dari Bondowoso. Saat ini angin kencang dan menjalar ke berbagai lokasi termasuk kawasan TWA Kawah Ijen. Kebakaran sangat luas. Posisi kiri dan kanan itu api semua,” ungkapnya.

Eka memastikan tidak ada satupun wisatawan yang melakukan pendakian di Gunung Ijen. Sebab BPBD dan beberapa stakeholders terkait sudah melakukan pengamanan dan menutup akses untuk pendakian Ijen.

“Pendakian sudah kami tutup. Tidak boleh ada yang naik sebelum ada pemberitahuan lebih lanjut,” pungkasnya. [rin/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar