Peristiwa

Megathrust Mentawai, Hati-hati, Sumbar Rawan Gempa dan Tsunami

Malang(beritajatim.com) – Warga di kawasan Sumatera Barat diingatkan ancaman bencana besar oleh Badan Nasional Penanggunalangan Bencana (BNPB). Ancaman bencana itu megathrust Mentawai, di Sumatera Barat yang berpotensi tsunami.

Kepala BNPB Letjen Doni Monardo mengatakan megathrust mentawai dalam periodesasi bencana berulang yang terjadi pada ratusan tahun lalu. Penyebabnya adalah pergerakan lempengan patahan gempa di sekitar Mentawai.

“Dari hasil penelitian para pakar, doktor dan ilmuwan itu sudah masuk periodesasi artinya peristiwa yang terjadi secara berulang pada ratusan tahun lalu,” kata Doni, Rabu (1/5/2019).

Doni mengatakan, meski para pakar telah memprediksi datangnya bencana, mereka tak bisa memastikan kapan bencana itu datang. Saran BNPB, Pemerintah Daerah diharapkan aktif melakukan mitigasi.

“Tidak ada satupun ahli atau pakar yang bisa menentukan. Mitigasi kemarin yang dilakukan dengan menanam pohon cemara udang, waru, mahoni, beringin dengan tanaman keras seperti pule juga. Hutan harus diberi tanaman keras yang bisa bertahan ratusan tahun,” papar Doni.

Doni mengungkapkan, teknologi seperti alat pendeteksi dini tsunami dan gempa bumi tak bisa sepenuhnya diandalkan. Menurut para pakar, pohon-pohon yang bisa berusia ratusan tahun justru dapat menyimpan energi.

“Dari mitigasi ini, kalau dari pakar bisa menyimpan energi. Asal pohonnya sudah besar diatas 20 meter kalau 5 meter ya tidak bisa. Karena tidak hanya mengandalkan teknologi karena di Jepang teknologi juga belum maksimal,” tandas Doni. [luc/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar