Peristiwa

BI Malang Siapkan Penukaran Uang Lebaran Rp 4,7 Triliun

Malang (beritajatim.com) – Untuk menyambut bulan Ramadan dan lebaran Idul Fitri 2019, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Malang menyiapkan uang kartal sebanyak Rp4,7 triliun. Hal tersebut untuk memenuhi kebutuhan uang baru masyarakat. Nominal yang disediakan mulai dari seribu rupiah hingga Rp100 ribu.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Malang, Azka Subhan mengatakan, ada kenaikan jumlah sebesar 20 persen dari tahun sebelumnya. Di tahun 2018, BI Malang menyediakan uang baru sebanyak Rp3,9 triliun.

“Jumlah ini merupakan nominal yang diperhitungkan melalui estimasi kenaikan jumlah permintaan kebutuhan uang pada periode Ramadhan dan Idul Fitri,” kata Azka, Selasa (7/5/2019).

Penukaran bakal dilakukan sejak 26 Mei 2019 sampai 2 Juni 2019 atau selama 8 hari di wilayah kerja BI Malang, meliputi Malang, Kota Batu, Pasuruan dan Probolinggo. Lokasi pelayanan penukaran uang Bank Indonesia akan melayani penukaran uang serentak melalui 72 titik outlet bank umum dan 49 titik outlet BPR.

“Adapun titik lokasi kas mobil Perbankan untuk penukaran bersama khususnya kepada Masyarakat di Kota Malang akan dilaksanakan di Gedung Kartini Jalan Tangkuban Perahu setiap pagi pukul 08.00 hingga selesai dan dilayani oleh 6 Bank umum,” papar Azka.

Selain itu, Azka mengungkapkan, Perbankan juga menyediakan layanan penukaran Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) yaitu penukaran dengan penukaran kartu ATM berlogo Master Card dengan kartu ATM berlogo Garuda.

“Kartu tersebut memberikan ke unggulan pertama untuk transaksi di berbagai EDC/ ATM bank lainnya, kedua nasabah hemat biaya administrasi Rp1.000 per bulan. Namun demikian, GPN baru bisa digunakan untuk transaksi dalam negeri saja,” tandasnya. [luc/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar