Peristiwa

Bea Cukai Musnahkan Rokok Ilegal Senilai Rp 11,3 Milyar

Bea Cukai Banyuwangi musnahkan rokok ilegal

Banyuwangi (beritajatim.com) – Bea Cukai Banyuwangi melakukan pemusnahan terhadap rokok ilegal yang berhasil diamankan sepanjang tahun 2018 sebanyak 343.032 batang rokok ilegal.

Pemusnahan barang bukti tersebut dilakukan untuk memastikan barang hasil penindakan tidak disalahgunakan.

“Sepanjang tahun 2018 Bea Cukai Banyuwangi telah berhasil melakukan penindakan di bidang Cukai sebanyak 18 kali dan berhasil mengamankan 343.032 batang rokok ilegal dengan nilai barang mencapai Rp137.212.800 dan 38 botol minuman keras dengan nilai barang Rp15.240.000, potensi kerugian negara sebesar Rp 114.915.720,” ungkap Dirjen Bea Cukai Heru Pambudi, Jumat (25/1/2019).

Hal itu, kata Heru, penindakan oleh Bea Cukai Banyuwangi menambah daftar panjang penindakan secara nasional. Hingga November 2018, Bea Cukai telah melakukan 15.752 penindakan.

“Nilai barang hasil penindakan mencapai Rp11.283 millar yang didominasi oleh penindakan rokok ilegal yang mencapai 4.997 kasus,” kata Heru.

Bea Cukai Banyuwangi, kata Heru, menyatakan siap melakukan pengawasan secara maksimal terhadap peredaran barang-barang illegal di wilayah pengawasannya. “Demi mendorong pertumbuhan ekonomi, kita akan lakukan itu. Serta menciptakan iklim usaha yang sehat, berkeadilan, dan transparan,” terangnya.

Selain itu, lanjut Heru, Bea Cukai
menyadari tantangan pertumbuhan ekonomi nasional yang cepat khususnya di wilayah Jawa Timur. Bea Cukai Banyuwangi mengedepankan peranan dalam mendorong kegiatan industri dan investasi dengan berbagai skema stimulus fiskal dalam wadah fasilitas berupa Kawasan Berikat.

“Selain melaksanakan pengawasan, Bea Cukai Banyuwangi juga berperan aktif dalam mendorong pertumbuhan perekonomian di Indonesia, salah satunya dengan memberikan fasitas Kawasan Berikat kepada PT Lundin Industry Invest yang merupakan perusahaan yang bergerak di industri pembuatan kapal laut,” pungkasnya. (rin/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar