Peristiwa

Bawaslu Surabaya Gelar Rapat Pleno Temuan Dugaan Pelanggaran Pemilu Caleg

Surabaya (beritajatim.com) – Ketua Bawaslu Kota Surabaya Hadi Margo memastikan Rapat Pleno Komisioner untuk membahas adanya temuan pelanggaran Pemilu yang dilakukan oleh Caleg DPR RI berinisial BH segera digelar.

“Pleno akan kami selenggarakan malam ini. Semua akan kami lakukan sesuai peraturan yang berlaku,” kata Hadi Margo singkat pada Hari Jumat (12/4/2019).

Sebelumnya, Caleg DPR RI dari Dapil Jatim I Surabaya-Sidoarjo berinisial BH dilaporkan ke Bawaslu Kota Surabaya terkait dugaan penyelewengan dana reses untuk kampanye. Laporan ini berawal dari temuan Panwaslu Kecamatan Gubeng.

Kamis (11/4/2019) malam, Jonathan Prasetya Nafi selaku Panwaslu Kecamatan Gubeng melaporkan temuan ini kepada Bawaslu Kota Surabaya.

Laporan temuan yang diserahkan Jonathan itu diterima oleh Komisioner Bawaslu Kota Surabaya Bidang Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga, Hidayat. Menurut Hidayat, laporan yang sudah diterima itu akan segera ditindaklanjuti.

“Untuk sanksi ada dua, bisa administratif bisa pidana. Tentunya akan kami kaji secara matang terkait ini. Kalau administratif ini berupa teguran. Kalau pidana, nanti akan kami serahkan ke Gakkumdu untuk dibahas. Bisa berujung pidana 2 tahun atau denda,” tegas Hidayat.

Di sisi lain, dikonfirmasi pada kesempatan terpisah, BH mengaku dirinya hadir di acara itu atas undangan dari pihak panitia atau RW setempat. Dalam acara itu, juga dicantumkan nama acaranya, yakni silaturrahim, bukan sosialisasi.

Menurut dia, kalau silaturrahim itu dikaitkan dengan masa reses anggota DPR RI, dia selalu mempergunakan maksimal mulai awal sebagai anggota DPR RI. Setiap kali reses, dia melakukan antara 35-47 titik. Jumlah tersebut, mungkin merupakan reses yang paling banyak dari semua anggota DPR RI.[ifw/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar