Peristiwa

Bawaslu Kaji Pengakuan Camat Tanggul Soal Video ‘Salam 2 Periode’

Jember (beritajatim.com) – Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Jember, Jawa Timur, segera mengkaji pengakuan camat Tanggul soal video ‘salam dua periode’.

Ghozali diperiksa langsung Ketua Bawaslu Jember Imam Thobroni Pusaka, Senin (24/2/2020) kemarin terkait beredarnya video yang menayangkan kampanye dua periode yang mendukung Bupati Faida.

“Kami mengklarifikasi apakah benar yang di video itu beliau yang melakukan. Ternyata beliau mengiyakan,” kata Thobroni.

Hasil klarifikasi ini akan dikaji dan jadi agenda rapat pleno untuk menentukan apakah unsur pelanggaran sudah terpenuhi. “Terkait netralitas ASN, kami hanya merekomendasi ke KASN (Komite Aparatur Sipil Negara). Jadi yang memberi sanksi KASN,” kata Thobroni.

Thobroni menjelaskan bahwa dalam UU sudah jelas: ASN harus netral. “Tidak boleh terkait dengan golongan maupun partai,” katanya.

Video tersebut dibuat, saat Ghozali menyalurkan bantuan kursi roda dari Dinas Sosial Jember kepada perempuan tua difabel warga Desa Kramat Sukoharjo pada 13 Februari 2020. “Kursi roda harus disalurkan. Bantuan itu harus saya pastikan diterima,” katanya.

Dalam video itu, Ghozali menuntun ucapan perempuan tua tersebut dan beberapa kali mengoreksinya. Ia didampingi seorang pria lainnya. “Terima kasih, Pak Bupati,” kata perempuan itu.

“Ibu,” sahut Ghozali mengoreksi.

Perempuan tua itu pun membetulkan pernyataannya: “Ibu Bupati atas bantuannya, terima kasih banyak.”

Lalu Ghozali melanjutkan ucapannya yang ditirukan sang perempuan itu. “Semangat Bu, salam dua periode.” Tangan kiri si perempuan tua mengacungkan jempol dan dua jari tangan kanannya membentuk V. (wir/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar