Peristiwa

Kebakaran Gunung Raung

Basarnas Jember: Pendaki Asal Singapura Aman di Camp 4 Gunung Raung

Tim SAR persiapan evakuasi Pendaki asal Singapura. Foto:rindi

Banyuwangi (beritajatim.com) – Koordinator Operasi SAR Basarnas Jember, Asnawi Suroso mengkonfirmasi ke 13 pendaki yang sempat terjebak kebakaran hutan di lereng Gunung Raung, Banyuwangi kondisinya aman.

Mereka sudah berada di camp 4 di ketinggian 1856 Mdpl atau sekitar 3 Kilometer perjalanan kaki dari Pos Sekretariat Pendakian Dusun Wonorejo, Desa Kalibaru Wetan, Kecamatan Kalibaru.

“Syukur Alhamdulillah, para survivor sudah sampai di camp 4, sebelumnya mereka di camp 9. Karena mungkin kondisi membaik mereka meneruskan perjalan. Tim medis juga mengatakan kondisi mereka baik-baik saja,” kata Asnawi, Sabtu (5/10/2019).

Selanjutnya, kata Asnawi, para pendaki juga telah bertemu dengan tim perbantuan dari Warga Relawan setempat dan petugas sekretariat pendakian Gunung Raung. Tim ini merupakan yang pertama naik ke Gunung Raung untuk memberikan bantuan.

“Mereka juga dilengkapi logistik karena khawatir logistik para pendaki telah habis,” katanya

Tim perbantuan ini, kata Asnawi, juga sempat mengkonfirmasi adanya titik api di camp 2. Namun, sempat diatasi sebelum mereka melanjutkan perjalanan ke camp 4.

“Kita akan ke sana untuk memastikan jalur pendakian aman dilewati. Karena, tim sebelumnya mengabarkan adanya titik api. Kita juga membawa logistik makanan ringan dan bantuan lainnya.

“Kita nanti akan mencoba mematikan titik api yang katanya muncul di camp 2, atau memang jika tidak kita akan mencari alternatif jalur lain untuk bisa dilalui,” ungkapnya. (rin/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar