Peristiwa

Basarnas Jember Ajari Emak-Emak Jinakkan Api

Foto: dokumentasi Pos SAR Jembe

Jember (beritajatim.com) – Pos Pencarian dan Pertolongan Badan SAR Nasional Kabupaten Jember, Jawa Timur, menggelar sosialisasi penanggulangan kebakaran di markas, Sabtu.(17/8/2019).

Kegiatan ini mengganti kegiatan lomba yang biasa digelar setiap Hari Kemerdekaan tiba. Pesertanya adalah emak-emak alias para isteri personel yang tergabung dalam DWP (Dharma Wanita Persatuan).

“Pembekalan kemampuan menanggulangi bahaya kebakaran ini penting diberikan kepada keluarga besar Pos SAR Jember, agar kelak tidak panik dan bisa sigap jika menghadapi kebakaran di lingkungan mereka,” kata Asnawi Suroso, Koordinator Pos SAR Jember.

Kebakaran kecil bisa saja terjadi saat para ibu memasak di dapur. Namun api ini berpotensi menjadi kebakaran besar dengan bahaya tinggi. “Hal ini bisa disebabkan oleh kepanikan para ibu yang merasa panik karena belum memiliki pengetahuan untuk menghadapi situasi tersebut,” kata Asnawi.

Rata-rata penyebab kebakaran bersumber dari kebocoran gas. Para peserta sangat antusias mempraktikkan cara memadamkan kobaran api dengan cara tradisional.

“Dengan menggunakan karung goni yang basah, serta pemadaman api dengan menggunakan alat pemadam api ringan (apar),” kata Asnawi. (Wir/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar