Peristiwa

Balai Besar TNBTS Siagakan Tenda Darurat Antisipasi Erupsi Gunung Bromo

Malang(beritajatim.com) – Aktivitas vulkanis Gunung Bromo belum menunjukan penurunan. Gunung Bromo saat ini berstatus waspada atau level II. Erupsi Gunung Bromo mengeluarkan abu dan kerikil.

Kepala Sub Bagian Data Evaluasi Pelaporan dan Humas Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Syarif Hidayat mengatakan, pihaknya telah menyiagakan dua tenda darurat untuk antisipasi erupsi Gunung Bromo.

“Kita dirikan di kawasan Bromo Tengger Semeru untuk pengamanan siaga. Kita dibantu tenda oleh Badan Penanggulangan Daerah jumlahnya dua tenda,” kata Syarif, Jumat, (22/3/2019).

Adapun, pengamatan mengenai kondisi Gunung Bromo mulai pukul 00.00 hingga 06.00 WIB telah terjadi 3 kali letusan dengan tinggi 600 hingga 900 meter dengan warna asap kelabu dan hitam yang keluar dari kawah Gunung Bromo.

Syarif mengatakan, pihaknya telah menyiagakan 25 personel gabungan di kawasan Gunung Bromo. Personel gabungan terdiri dari Balai Besar TNBTS, TNI, Polri dan BPBD. Mereka mengantisipasi wisatawan yang nekat mendekat ke kawah aktif.

“Radius aman 1 kilometer dari kawah aktif. Wisatawan wajib menggunakan masker, kacamata dan melakukan aktivitas yang tidak membahayakan,” tandasnya. (luc/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar