Peristiwa

Awas! Steker Listrik Bertumpuk-tumpuk Sebabkan Kebakaran

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Mojokerto, Muhammad Zaini. [Foto: misti/beritajatim]

Mojokerto (beritajatim.com) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto menghimbau kepada masyarakat untuk memasang tidak memasang steker listrik bertumpuk-tumpuk. Ini menyusul maraknya kasus kebakaran rumah yang terjadi di wilayah Kabupaten Mojokerto,

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Mojokerto, Muhammad Zaini mengatakan, pihaknya berkoordinasi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, Camat dan Kepala Desa (Kades) untuk memberikan penyuluhan kepada masyarakat terkait kesiapsiagaan dan deteksi dini terhadap bencana kebakaran.

“Yakni dengan cara melakukan pengecekan instalasi listrik secara berkala dengan meminta bantuan PLN, tidak memasang steker listrik bertumpuk-tumpuk. Menggunakan perangkat elektronik secukupnya,” ungkapnya, Kamis (7/11/2019).

Mematikan aliran listrik bila tidak digunakan, menyediakan alat pemadam api ringan (Appar) dan tempatkan pada lokasi yg strategis, tidak membuat sambungan listrik sembarangan. Masih kata Zaini, bila akan meninggalkan rumah atau tempat kerja periksa hal-hal yang menyebabkan kebakaran.

“Bila terjadi kebakaran lakukan pemadaman secara tradisional dengan mengunakan karung basah dan menimbun dengan tanah pasir lumpur dan melaporkan ke PMK jika terjadi kebakaran. Dan bila butuh simulasi di kecamatan-kecamatan, BPBD siap membantu,” katanya. [tin/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar