Peristiwa

Atasi Kemacetan Jalan, Begini Terobosan Polres Mojokerto Kota

Mojokerto (beritajatim.com) – Satlantas Polres Mojokerto Kota membentuk Tim Urai dalam menyiasati kemacetan yang bakal terjadi di pusat kota. Tujuannya, mengurai kepadatan arus lalu lintas agar tidak sampai terjadi crowded atau macet total.

Kasat Lantas Polres Mojokerto Kota, AKP Kadek Oka Suparta mengatakan, Tim Urai sifatnya oncall. “Dengan sepeda motor dinas, kita bentuk dua tim yang masing-masing tim memiliki empat personil Lantas,” ungkapnya, Senin (3/6/2019).

Masih kata Kasat, kedua tim akan ditempatkan di dua lokasi berbeda. Satu di wilayah timur stanby di Pos Pengaman Sekarputih, Kelurahan Gnung Gedangan, Kecamatan Magersari. Sedangkan satunya stanby wilayah Barat atau Mapolres Mojokerto Kota.

“Artinya, selalu stanby dan tanggap saat ada peristiwa di jalan raya. Mereka pun fleksibel sesuai situasi di lapangan. Jika terjadi kemacetan misalnya. Dengan arahan dan pengendalian petugas Command Center mereka langsung bisa bergerak ke lokasi kemacetan,” katanya.

Tim ke lokasi kemacetan untuk melakukan rekayasa lalu lintas agar arus lalu lintas kembali lancar. Tim akan melakukan tutup buka jalur dan mencari jalur alternatif yang akan dilalui pengendara agar tidak makin berjubel dan lalu lintas tidak sampai crowded dan crossing.

“Jika terjadi, tidak sampai lama sudah terurai. Tim juga akan bergerak cepat dan pertama saat di lapangan ada kejadian menonjol. Tim juga sekaligus melakukan penebalan personil di setiap pos pam lebaran,” tegasnya. [tin/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar