Peristiwa

Arus Mudik ke Pulau Bawean, Hari Ini Capai 1.200 Penumpang

Gresik (beritajatim.com) – H-3 Lebaran arus mudik dari Gresik ke Pulau Bawean mencapai 1.200 orang. Semua pemudik itu diangkut empat kapal cepat dalam sehari.

Kepala Seksi Lalu Lintas Angkatan Laut (Kasi Lala) Kantor Syahbandat Otoritas Pelabuhan, atau KSOP Gresik, Hotman Siagian menuturkan total sebanyak empat kapal memberangkatkan para pemudik tujuan pulau Bawean.

“Ada empat kapal yang melayani pemudik ke Pulau Bawean. Bahkan, ada satu pasien yang sakit pasca operasi. Tapi, kapal telah dilengkapi fasilitas klinik kesehatan,” tuturnya, Minggu (2/06/2019).

Hotman menjelaskan, arus mudik kali ini merupakan jumlah penumpang terbanyak dalam satu hari. Pasalnya, ada empat kapal yang diberangkatkan di hari yang sama.

Hotman menjelaskan faktor yang membuat puncak arus mudik ke Bawean pada hari ini adalah, cuaca buruk yang melanda pada Sabtu (1/6) kemarin. Sehingga, saat hari ini cuaca normal penumpang langsung membludak.

“Lonjakan penumpang paling banyak hari ini, bisa dibilang puncak arus mudiknya ya hari ini,” paparnya.

Sesuai jadwalnya, kapal Bahari Express berangkat pada pagi hari sejak pukul 05.00 WIB dengan membawa 388 penumpang dewasa dan 24 anak-anak. Selanjutnya pukul 07.00 WIB kapal Natuna Express membawa 182 penumpang. Pukul 08.00 WIB kapal baru, Blue Sea Jet membawa 312 penumpang dan kapal Bahari Express membawa 350 penumpang pukul 15.00 WIB.

Khusus kapal Natuna Express diperuntukkan bagi mudik gratis dari Pemkab Gresik, dari 250 tiket yang dibagikan secara cuma-cuma itu ludes, namun hanya 185 kursi yang terisi.

“65 penumpang lainnya berangkat dari Jum’at kemarin, karena mau cepat-cepat pulang ke Bawean,” katanya.

Salah satu pemudik, Amin Usman (40) TKI asal Malaysia mengaku sudah empat kali mudik ke rumah saudaranya di Pulau Bawean.

“Kemarin baru sampai di Gresik, satu hari saja sekaramg berangkat,” ujarnya. [dny/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar