Peristiwa

Angin Puting Beliung Sapu Tenda Kontes Hewan di Mojokerto

Lokasi kontes hewan yang digelar Disperta Kabupaten Mojokerto. [Foto: misti/beritajatim]

Mojokerto (beritajatim.com) – Hujan deras disertai angin kencang terjadi di sejumlah wilayah di Kabupaten Mojokerto. Tenda kontes hewan di Desa Kebon Agung, Kecamatan Puri, Kabupaten Mojokerto disapu angin puting beliung hingga berterbangan, Senin (2/12/2019).

Kontes yang digelar selama dua hari hingga, Selasa (3/12/2019) besok, membuat para peserta panik. Ini lantaran angin kencang memporak porandakan tenda kontes hewan yang digelar di lapangan Desa Kebon Agung. Akibatnya tenda berterbangan, roboh dan rusak parah.

Salah satu peternak asal Kecamatan Jatirejo, Dedi (30) mengatakan, angin kencang terjadi hanya sekitar 10 menit. “Awalnya hujan deras, tidak lama angin kencang sekitar 10 menit. Angin sampai membuat tenda roboh, ada tenda yang terbang hingga 100 meter,” ungkapnya.

Saat kejadian angin kencang, ia berlindung di dalam mobil pikup yang mengangkut hewan kambing kontes. Akibat tiupan angin yang membuat tenda kontes hewan berterbangan dan roboh menimpa orang yang dibawahnya. Satu orang terluka tertimpa tenda yang roboh.

Hal yang sama diungkap peserta dari Kecamatan Sooko, Lukman (19). Sebelum angin kencang menyapu tenda kontes hewan, hujan turun lebih. “Hujan dulu baru angin. Acaranya hari ini dan besok, hari ini persiapan dan penimbangan. Besok baru penilaian,” katanya.

Meski sejumlah peserta memilih pulang karena menilai kondisi tidak kondusif, namun pihak panitia menyampaikan jika acara kontes hewan tersebut tetap berlanjut. “Masih langsung, ini setiap kecamatan minimal diikuti 18 hewan baik sapi maupun kambing,” tutur salah satu panitia, Tono. [tin/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar