Peristiwa

Angin Kencang, Bangunan Food Court Senilai Rp 2,5 Milyar di Mojokerto Tertimpa Pohon Besar

Sebuah bangunan food court di Dusun Biting, Desa Seloliman, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto. Saat masih dalam proses evakuasi.

Mojokerto (beritajatim.com) – Akibat angin kencang, sebuah pohon besar menimpa bangunan food court di Dusun Biting, Desa Seloliman, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto. Pohon dengan diameter kurang lebih 60 cm tersebut tumbang, Selasa (13/8/2019).

Koordinator obyek wisata di Jolotundo, Heru Utomo mengatakan, angin kencang terjadi di sekitar lokasi sebelum akhirnya sebuah pohon besar menimpa bangunan food court. “Sebelumnya memang ada angin kencang, paginya lebih besar lagi dan sempat ada hujan sekitar lima menit,” ungkapnya, Rabu (14/8/2019).

Masih kata Heru, tiba-tiba angin menyebabkan sebuah pohon tumbang dan menimpah bangunan food court senilai Rp2,5 milyar milik Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Mojokerto. Lokasi bangunan food court berada dekat area parkir wisata pertirtaan Jolotundo.

“Selasa pagi, sekitar pukul 08.00 WIB. Angin menyebabkan pohon tumbang dan menimpa bangunan food court berukuran 20 x 20 meter persegi ini.pe pembangunannua baru selesai pada akhir tahun 2018 lalu dan belum dilakukan serah terima, jadi bangunan ini masih kosong,” katanya.

Sehingga, lanjut Heru, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tumbangnya pohon besar tersebut. Untuk menanggani kejadian tersebut, pihaknya sudah melakukan berkoordinasi dengan pihak Perhutani, Disparpora, LMDH dan BPBD Kabupaten Mojokerto.

“Belum serah terima sehingga masih kosong, belum difungsikan dan tidak ada korban jiwa. Tadi malam, kita sudah koordinasi dengan pihak Perhutani, Disparpora, LMDH untuk penangganan. Hari ini pemotongan kayu, tinggal menunggu peralatan dari PU,” jelasnya.

Heru menambahkan, kerusakan bangunan sekitar 30 persen. Namun karena belum ada serah terima terkait bangunan food court tersebut sehingga kerugian masih ditanggung pemborongnya dan sifatnya masih dalam perawatan.

Sementara itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto, Muhammad Zaini menambahkan, pantauan radar BMKG Juanda kecepatan angin sekitar 30-40 km/jam terpantau di wilayah selatan.

“Pohon yang tumbang berjenis Gondang dengan diameter kurang lebih 30 menit. Iya, bangunan food court atau rest area itu milik Disparpora, hanya satu bangunan yang tetimpa, saat sudah dilakukan evakuasi pemotongan pohon,” tegasnya.[tin/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar