Peristiwa

Alami Dimensia, Calon Haji Ini Nyaris Kabur Minta Pulang Sebelum Berangkat ke Makkah

Surabaya (beritajatim.com) – Tampak seorang calon haji berjalan keliling Asrama Haji Embarkasi Surabaya (AHES) didampingi Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) setempat, Selasa (23/7/2019). Petugas PPIH terlihat tergesa-gesa mengikuti M (80), yang terkadang lari cepat ke arah pintu gerbang AHES agar bisa pulang. Padahal, kurang lebih satu jam lagi, rombongannya bakal berangkat ke tanah suci Mekkah.

Menurut petugas, calon haji asal Bondowoso ini mengidap dimensia alias pikun. “Dia mengidap dimensia dan ingin pulang, padahal kurang lebih sejam lagi berangkat haji,” jelas dr Bangun Cahyo, Petugas Kesehatan KP3 Pelabuhan Surabaya.

dr Banguj Cahyo memaparkan, pasien dimensia ini merupakan pasien khusus yang mendapatkan penanganan ekstra. Sebab, pasien dimensia bisa saja bertindak di luar biasanya, bahkan seperti anak kecil. “Rencananya akan dipulangkan dan jika nantinya memungkinkan, bisa berangkat di kloter terakhir. Sebab, pasien ini mengalami dimensia berat,” lanjutnya.

Sementara menurut petugas PPIH pendamping kloter 52, kakek bertubuh segar dan tinggi itu, berangkat haji sendirian. (man/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar