Peristiwa

Aksi Hari Bumi MPA Trisula Tarik Simpati Bupati

Jombang (beritajatim.com) – MPA (Mahasiswa Pecinta Alam) Universitas Darul Ulum (Undar) Jombang dan aktivis lingkungan lainnya menggelar aksi damai di depan pendapa bupati setempat, dalam rangka peringatan Hari Bumi, Senin (22/4/2019).

Mereka membentangkan spanduk berukuran besar untuk menggalang dukungan. Selain itu juga membeber puluhan poster yang berisi imbauan pentingnya menjaga lingkungan dan merawat bumi.

Para pejabat pemkab yang berada di sekitar lokasi memberikan dukungan atas aksi tersebut. Mereka membubuhkan tanda tangan sebagai bentuk dukungan terhadap penyelamatan bumi. Bahkan Bupati Jombang Mundjidah Wahab dan Wabup Sumrambah menghampiri para aktivis dan memberikan apresiasi.

“Pemkab Jombang mendukung penuh gerakan ini. Kami mengapresiasi semangat masyarakat ini untuk menjadikan Jombang bersih dari sampah. Menjaga lingkungan yang bersih di Jombang,” ujar Mundjidah.

Selain membeber puluhan poster berisi pesan pelestarian lingkungan, aktivis pecinta alam juga melakukan orasi secara bergantian. Mereka menekankan tentang pentingnya menjaga lingkungan dam merawat bumi.

Koordinator peringatan Hari Bumi, Frendi Nur Diansyah menjelaskan, aksi damai tersebut merupakan rangkaian dari acara sebelumnya. Yakni, mengirimkan ‘sejuta surat’ seluruh instansi dan lembaga pendidikan yang ada di kota santri. Tujuannya, agar masyarakat lebih memperhatikan lagi lingkungannya.

“Masalah lingkungan tidak pernah habis. Sungai-sungai mengalir sampah. Makanya, kita sampaikan ke banyak orang di Jombang tentang pentingnya merawat bumi,” kata pria yang akrab disapa Blangkon ini.

Selain pesan moral yang disampaikan ke masyarakat terkait lingkungan, lanjut Blangkon, pesan tersebut juga disampaikan langsung ke Pemerintah Kabupaten Jombang. “Kami berharap lebih banyak lagi tempat pembuangan sampah di Jombang,” pungkasnya. [suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar