Peristiwa

AJI-IJTI Jember Demo Tuntut Jokowi Batalkan Remisi Pembunuh Wartawan

Jember (beritajatim.com) – Aliansi Jurnalis Independen dan Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia berunjuk rasa menuntut pembatalan remisi untuk I Nyoman Susrama, pembunuh wartawan di Bali, di depan gedung DPRD Jember, Jawa Timur, Senin (28/1/2019).
Aksi ini juga diikuti wartawan yang tak tak tergabung dalam dua organisasi yang diakui Dewan Pers tersebut. “Kami menuntut Presiden Joko Widodo segera mencabut keputusannya,” kata Mahrus, juru bicara aksi.
Menurut Mahrus, remisi itu adalah bentuk ancaman serius terhadap kebebasan pers dan demokrasi di Indonesia. “Kita ketahui pers adalah pilar keempat demokrasi di Indonesia. Ketika pilar ini diancam oleh keputusan presiden yang membebaskan pembunuh jurnalis, ini sama saja Presiden Jokowi tidak mendukung iklim kebebasan demokrasi,” katanya.
“Bagaimana jika Susrama bebas dari tahanan, dari yang semula dihukum seumur hidup menjadi 20 tahun? Akan banyak sekali orang yang merasa terganggu dengan karya jurnalistik yang akan melakukan hal serupa. Inilah yang harus kita cegah,” kata Mahrus. (wir/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar