Peristiwa

Ada ‘Trabas Bumi Majapahit 2019’ di Kabupaten Mojokerto , Apa Itu?

Mojokerto (beritajatim.com) – Lomba motor trail yang dikemas dalam adventure trail bersama tiga pilar Kabupaten Mojokerto bertajuk Trabas Bumi Majapahit 2019 digelar di lapangan Desa Lebaksono, Kecamatan Pungging, Kabupaten Mojokerto. Lomba ini diikuti dari berbagai daerah di Jawa Timur maupun luar Jawa Timur.

Trabas Bumi Majapahit 2019 juga dihadiri dan diikuti langsung Wakil Bupati Mojokerto Pungkasiadi, Kapolres Mojokerto AKBP Setyo Koes Heriyatno, Komandan Kodim 0815 Letkol Kav Hermawan Weharima, Komandan Yonif Para Raider 503/MK Mayor Inf Hadrianus Yossy Buanan, serta unsur Forkopimda lainnya.

Wakil Bupati Mojokerto, Pungkasiadi mengatakan, event sejenis lomba trail ini juga dilakukan oleh Pemkab Mojokerto tiap tahun. Namun menggunakan media sepeda tua atau onthel, bertajuk Ngontel Bareng di Bumi Majapahit. “Acara tersebut merupakan sarana promosi daerah,” ungkapnya, Minggu (7/4/2019).

Yakni untuk mengenalkan kekayaan budaya asli baik benda peninggalan maupun kearifan lokal masyarakat. Trabas Bumi Majapahit menurut orang nomor dua di Kabupaten Mojokerto ini, bisa diartikan sebagai semangat Majapahit dalam menghadapi apapun rintangan yang ada walau medan yang akan dilalui terjal dan banyak rintangan.

“Namun kita tetap berupaya menembus, apapun rintangannya harus dihadapi, harus ditrabas. Seperti semangat Kerajaan Majapahit. Rintangan itu bukan sebagai penghalang untuk meraih kemenangan yang kita harapkan. Kepedulian Pemkab Mojokerto kepada sejarah, terus dilakukan melalui beragam pagelaran akbar tahunan,” katanya.

Contohnya kegiatan tahunan Ruwat Agung Nuswantoro dan Haul Syech Jumadil Kubro. Akhir April 2019, Pemkab juga akan menggelar Kirab Budaya Majapahit di Kecamatan Trowulan. Kegiatan ini akan diikuti oleh seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Mojokerto.

“Akhir April ini, kita punya event Kirab Budaya Majapahit. Nanti kita rencanakan ada persembahan 1.000 penari Majapahit yang akan mempersembahkan tari Mayang Rontek,” jelasnya.

Sedangkan Kapolres Mojokerto, AKBP Setyo Koes Heriyatno menyerukan pesan damai Pemilu 2019 yang akan digelar tak lama lagi. “Ngetrail sak teruse, seduluran sak lawase. Mari bersama-sama kita ciptakan suasana Pemilu 2019 yang aman dan damai. Baik Pilpres maupun Pileg,” ajaknya.

Kapolres juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta Trabas Bumi Majapahit 2019 atas partisipasinya, khususnya peserta dari luar Jawa Timur. [tin/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar