Peristiwa

Balai Besar TNBTS :

Abu Vulkanik Bromo Mengarah ke Probolinggo

Malang (beritajatim.com) – Kepala Humas Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Syarif Hidayat mengatakan, Gunung Bromo masih mengeluarkan abu vulkanik hingga hari ini, Sabtu (16/3/2019).

“Sampai siang ini Bromo masih mengeluarkan material abu vulkanik mengarah ke Ngadisari, Sukapura, Probolinggo, dan sekitarnya,” kata Syarif.

Bahkan abu vulkanik terlihat jelas hingga halaman kantor TNBTS di sektor Ngadisari, Probolinggo. Namun, Syarif menegaskan aktivitas vulkani Bromo masih dalam level II atau waspada. Belum ada peningkatan status.

“Kami mengimbau ke pengunjung untuk waspada dan berhati-hati, selama aktivitas wisata, menggunakan masker, kacamata, topi, melakukan aktivitas wisata yang direkomendasikan dan imbauan lain, misal tidak membuang sampah sembarangan,” papar Syarif.

Selain itu, Balai Besar TNBTS melarang wisatawan mendekat hingga radius 1 kilometer dari kawah Gunung Bromo. Sebagai antisipasi, Balai Besar TNBTS telah menyiagakan personel di beberapa titik untuk mengawasi aktivitas wisatawan.

“Kami melakukan siaga dengan menurunkan personel di sekitar laut pasir, Padang Savana dan titik keramaian lainnya di bantu relawan dan pelaku wisata. Kami juga mengimbau wisatawan menjauh hingga radius 1 kilometer dari kawah aktif Bromo,” tandasnya. [luc/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar