Uncategorized

Tingkatkan Kebhinnekaan, Pelajar MA Kunjungan di Kelenteng

Tuban (beritajatim.com) – Puluhan pelajar dari Madrasah Aliyah (MA) Ash-Shomadiyah, Makan Agung, Tuban melakukan kunjungan ke Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Kwan Sing Bio (KSB) jalan RE Martadinata, Kelurahan Karangsari, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban, Senin (1/10/2018).

Kunjungan tersebut merupakan salah satu agenda sekolah islam dengan tema Kuliah Kebhinnekaan. Kegiatan pembelajaran itu sebagai bentuk upaya untuk menjaga persatuan dan kesatuan serta keberagaman antar umat beragama bagi kalangan generasi muda itu.

Sedikitnya terdapat 85 dari pelajar MA Ash-Shomadiyah, Kabupaten Tuban mengikuti kegiatan Kuliah Multi Kultural yang berlangsung di kelenteng terbesar di Indonesia itu. Para pelajar dari MA Ash-Shomadiyah itu langsung diterima oleh pihak kelenteng yang kemudian melakukan tanya jawab.

\”Ini adalah kegiatan program LDKS (Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa). Salah satu materinya adalah kuliah Multi Kultural atau kuliah antar keyakinan,\” terang Riza Salahuddin Habibi, Kepala Madrasah Aliyah (MA) Ash-Shomadiyah, Makam Agung Tuban.

Kegiatan kuliah Multi Kultural tersebut merupakan program tahunan yang dilakukan oleh pihak MA Ash-Shomadiyah Tuban untuk para pelajarnya dengan mengunjungi tempat-tempat ibadah antar agama. Tujuannya adalah untuk memberikan wawasan lebih dalam lagi tentang pemahaman antar agama.

\”Kita ingin mereka punya wawasan lebih dalam tentang Multi Kultural, karena dalam materi edukasi ini kita membebankan pada mereka menjaga kebhinnekaan, menjaga bhinneka tunggal ika yang itu merupakan ajaran dari Bung Karno,\” tambah Gus Riza, sapaan akrab kepala MA Ash-Shomadiyah itu.

Dalam kuliah yang berlangsung selama sekitar 3 jam tersebut puluhan siswa-siswi itu mendapatkan materi tentang pentingnya kerukunan antar umat beragama. Sehingga dengan materi tersebut, para kader-kader generasi muda itu bisa terus menjaga kerukunan antar sesama pemeluk agama dan juga suku.

\”Lembaga pendidikan itu memang seharusnya memperkenalkan kepada anak didik, kepada generasi milenial bagaimana menjaga kebhinnekaan ini yang hari ini lagi diuji, lagi digoyang-goyang dengan paham-paham yang akan merong-rong Pancasila,\” tegasnya.

Kegiatan kuliah Multi Kultural para pelajar MA Ash-Shomadiyah Tuban itu disambut baik oleh pihak Kelenteng Kwan Sing Bio Tuban. Diharapkan dengan kegiatan-kegiatan seperti itu bisa selalu menjaga dan memupuk kerukunan antar umat beragam guna menciptakan kondusifitas bagi bangsa dan negara.[mut/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar