Peristiwa

Pesisir Selatan Jatim Rawan Gempa dan Tsunami

Jombang (beritajatim.com) – Gubernur Jawa Timur Soekarwo mengatakan bahwa di wilayahnya juga terdapat sejumlah titik yang rawan gempa dan tsunami. Titik rawan tersebut berada di sepanjang pesisir pantai selatan.

\”Namun kita sudah memasang early warning sistem (peringatan dini) sebagai langkah antisipasi. Sehingga ketika ada bencana akan berbunyi,\” kata Soekarwo usai menghadiri \’Rapat Paripurna Istimewa DPRD Jombang dalam Rangka Mendengarkan Pidato Visi dan Misi Bupati/Wakil Bupati Jombang Masa Jabatan 2018-2023\’ di gedung DPRD setempat, Selasa (2/10/2018).

\”Berdasarkan peta, di wilayah selatan itu ada ring of fire (cincin api). Jadi di sirkum pasifik dan belahan lautan hindia itu lewat di selatan kita. Makanya kawasan tersebut rawan gempa dan tsunami,\” sambungnya.

Kabupaten/Kota yang ada di sepanjang pesisir selatan itu diantaranya Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Blitar, Malang, Lumajang, Jember, dan Banyuwangi. \”Namun sekali lagi, kita sudah memasang early warning sistem di wilayah itu,\” ujarnya. [suf/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar