Peristiwa

Ikan Arapaima Gigas Senilai Rp 1 Juta di Rolak Songo Jadi Buruan Warga

Sidoarjo (beritajatim.com) – Ikan Arapaima Gigas yang kerap terlihat di Sungai Brantas (Rolak Songo) Mlirip Tarik, kini menjadi buruan warga pencari ikan di sekitar Rolak Songo.

Karena ada kepala desa setempat yang ingin membelinya hasil tangkapan dalam kondisi hidup senilai Rp 1 juta. Ikan predator itu rencananya akan dilaporkan ke Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudji Astuti soal adanya ada yang sengaja melepas ke Sungai Brantas.

Joko (35), warga sekitar dan sekaligus pencari ikan di kawasan Sungai Brantas (Rolak Songo), mengaku sengaja mencari ikan AG itu karena ada yang siap membeli. \”Makanya saya terus berburu ikan dan saya upayakan kondisinya hidup,\” katanya Kamis (28/6/2018).

Tertangkapnya ikan berukuran raksasa itu sudah yang ke sembilan kalinya. Namun, Joko mengaku bahwa sebelumnya, ikan yang tertangkap dijual laku Rp 600 ribu dalam keadaan mati ke penjual ikan. \”Banyak yang mengaku rasanya seperti ikan kakap,\” jelasnya.

Seperti diketahui, penangkapan ikan Arapaima dikawasan Desa Mlirip Rowo, Kecamatan Tarik ini sempat membuat geger warga setempat gempar.

Ikan AG itu diduga kuat sengaja dilepas oleh pemiliknya di Sungai Brantas (Rolak Songo) dan menyebar dibeberapa sungai-sungai sudetan di kawasan Sidoarjo.

Ikan yang disebar itu dugaan jumlahnya puluhan ekor dengan ukuran yang berbeda-beda. Mulai dari panjang 1,40 sampai 1,58 centimeter dengan berat antara 20 sampai 30 kilogram. (isa/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar