Peristiwa

7 Tiang Listrik Diterjang Angin Kencang, PLN Lakukan Pemadaman di Mojokerto

Mojokerto (beritajatim.com) – Hujan deras disertai angin kencang yang terjadi di sejumlah wilayah di Kabupaten Mojokerto, Senin (2/12/2019) kemarin menyebabkan tujuh tiang listrik di Desa Medali, Kecamatan Puri, Kabupaten Mojokerto patah. Akibatnya, listrik di Desa Medali padam hingga, Selasa (3/12/2019).

Patahnya tiang listrik tersebut menyebabkan gangguan Feeder atau penyulang 20.000 Volt Residen Pamuji di wilayah tersebut. Sehingga pemadaman aliran listrik di Desa Medali masih dilakukan pihak PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Mojokerto.

Manajer Jaringan PT PLN (Persero) UP3 Mojokerto, Faris Fitri yanto mengatakan, dampak angin kencang yang terjadi pada Senin sore kemarin membuat setidaknya tujuh tiang listrik di Desa Medali parah. “Pasokan listrik di dua kecamatan yakni Puri dan Dlanggu terganggu,” ungkapnya.

Masih kata Faris, tujuh tiang listrik tersebut patah di bagian tengah sehingga kabel listrik menjuntai di jalan. Untuk melakukan perbaikan, pihaknya terpaksa harus melakukan pemadaman. Saat ini, pihaknya masih berupaya meminimalisir wilayah pemadam listrik di dua kecamatan tersebut.

“Hingga saat ini, masih ada satu gardu yang masih padam. Sudah kami lokalisasi, listrik yang padam hanya di Desa Medali karena sampai saat ini masih dilakukan proses perbaikan tiang listrik di satu gardu. Perbaikan masih dalam proses karena kondisi kerusakan cukup parah sehingga harus mengganti tiang listrik yang patah itu,” jelasnya.

Pihaknya sudah menyiagakan personil siaga 24 jam untuk mengoptimalkan layanan apabila terjadi gangguan listrik yang disebabkan angin kencang. Selain itu, PLN juga berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto untuk mengantisipasi pohon yang tumbang di area jaringan listrik.

“Proses perbaikan masih berlangsung kemungkinan siang ini, pasokan listrik sudah bisa normal. Sementara di wilayah lain, listrik sudah menyala. Hanya di Desa Medali, listrik sampai sekarang yang masih padam karena proses perbaikan masih dilakukan petugas,” tuturnya.

Sebelumnya, hujan deras disertai angin kencang tak hanya menyapu tenda kontes hewan di Lapangan Desa Kebon Agung, Kecamatan Puri, Kabupaten Mojokerto saja, angin juga membuat sejumlah tiang listrik di Desa Medali, Kecamatan Puri, Kabupaten Mojokerto patah.

Akibatnya, listrik di desa ini padam. Setidaknya ada sekitar tujuh (sebelumnya enam) tiang listrik di sepanjang jalan penghubung Desa Medali dengan Desa Puri, Kecamatan Puri, Kabupaten Mojokerto patah di bagian atas. Patahnya tiang listrik tersebut karena hujan disertai angin kencang yang terjadi pada, Senin (2/12/2019) sore.[tin/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar